.

Biografi Muhammad Mustafa Azami

 

Muhammad Mustafa Azami lahir di kota Mano India pada tahun 1932. Ayahnya seorang pencinta ilmu pengetahuan dan membenci penjajahan sekaligus membenci bahasa Inggris. Hal ini yang mempengaruhi sejarah perjalanan karir akademik Azami.
Ketika masih duduk di bangku sekolah menengah, Muhammad Mustafa Azami disuruh pindah oleh ayahnya ke sekolah yang menggunakan bahasa Arab. Dari sinilah Azami mulai belajar hadis. Setelah tamat, Muhammad Mustafa Azami melanjutkan studinya di College of Science di Doeband India yang juga mengajarkan studi Islam dan tamat tahun 1952. Kemudian Azami melanjutkan lagi studinya di Fakultas bahasa Arab, Universitas al-Azhar, Kairo dan memperoleh ijazah al-ilmiyah tahun 1955.
Tahun 1956 Muhammad Mustafa Azami diangkat sebagai dosen bahasa Arab di Qatar. Lalu tahun 1957 diangkat sebagai Sekretaris Perpustakaan Nasional di Qatar. Tahun 1964 Azami melanjutkan lagi studinya di Universitas Cambridge, Inggris sampai meraih gelar Ph.D tahun 1966 dengan disertasi berjudul Studies in Early Hadis Literature.
Setelah meraih gelar doctor, Muhammad Mustafa Azami kembali ke Qatar untuk memegang jabatannya semula sebagai Sekretaris Perpustakaan. Tahun 1968, ia pindah ke Mekah untuk mengajar di Fakultas Pasca Sarjana, Jurusan Syari'ah dan Studi Islam, Universitas King Abdul Aziz. Tahun 1973, Muhammad Mustafa Azami pindah ke Riyadh untuk mengajar di Departemen Studi Islam, Fakultas Tarbiyah Universitas King Saud.
Reputasi ilmiah Muhammad Mustafa Azami melejit setelah berhasil memenangkan hadiah internasional Raja Faisal untuk studi Islam di lembaga Hadiah Yayasan Raja Faisal di Riyadh. Selanjutnya dia diangkat sebagai guru besar di bidang Hadis dan ilmu Hadis Universitas King Saud Riyadh.
Di antara karya-karya Muhammad Mustafa Azami antara lain Studies in Early Hadis Literature, Studies in Hadith Methodology and Literature, On Schacht's Origins of Muhammadan Jurisprudence.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abdul Mustaqim, "Teori Sistem Isnad dan Otentisitas Hadis Menurut Perspektif Muhammad Mustafa Azami" dalam Fazlur Rahman et. al., Wacana Studi Hadis Kontemporer (Cet. I; Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002). Muhammad Mustafa Azami, Studies in Early Hadith Literature (Dirasah fi al-Hadis al-Nabawi wa Tarikh Tadwinih), diterjemahkan oleh Ali Mustafa Ya'qub dengan judul Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya (Cet. I; Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994).
Biografi Muhammad Mustafa Azami 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Ketika masih duduk di bangku sekolah menengah, Muhammad Mustafa Azami disuruh pindah oleh ayahnya ke sekolah yang menggunakan bahasa Arab. Muhammad Mustafa Azami lahir di kota Mano India pada tahun 1932. Ayahnya seorang pencinta ilmu pengetahuan dan membenci penjajahan sekaligu...


Advertisement
Post a Comment