.

Teori Umum dan Teori Khusus

 

Teori dapat dibagi pada dua macam. Pertama, teori umum dan yang kedua teori khusus. Teori umum adalah suatu pernyataan apabila ia benar maka ia benar secara universal. Ia berlaku bagi semua waktu, semua tempat dan semua keadaan serta semua permasalahan dalam kelas yang dinyatakan. Seperti pernyataan, perjalanan kebudayaan itu melalui beberapa tahapan tumbuh, berkembang, mencapai puncak kejayaan, mundur dan akhirnya runtuh; Semua yang kita dapati sekarang merupakan perkembangan yang lebih sempurna dari keadaan yang memdahuluinya; Bertambahnya permintaan akan menaikkan harga barang.
Sedangkan teori khusus adalah teori yang berkaitan dengan sejumlah fakta-fakta yang bersifat partikular. Ia berusaha untuk menjelaskan fakta-fakta itu dalam hubungannya yang satu dengan yang lainnya. Ia harus sesuai dengan fakta-fakta yang diketahuinya, tetapi harus berhasil mengidentifikasi beberapa fakta atau sejumlah fakta yang selama ini belum diketahui. Contoh: seorang dokter setelah memeriksa tubuh pasiennya menetapkan bahwa pasiennya menderita sakit ini dan untuk mengobatinya menawarkan cara tertentu. Maka sebenarnya ia telah membuat sebuah teori yang bersifat khusus.
Setiap teori selalu bermula dari hipotesis. Keduanya tidak ada perbedaan prinsip kecuali hanya graduasi saja. Hipotesis juga merupakan interpretasi dari fakta, ia disusun berdasarkan fakta tetapi kebenarannya belum diuji sedang teori kebenarannya telah teruji. Oleh karena itu dalam arti kasar, teori juga mencakup hipotesis.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Masri Singarimbun, Metodologi Penelitian Survei (Jakarta: LP3ES, 1983). Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed), Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar, (Yogyakarta: P.T Tiara Wacana, 1989). Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi IV, (Cet. I; Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000).
Teori Umum dan Teori Khusus 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Setiap teori selalu bermula dari hipotesis. Keduanya tidak ada perbedaan prinsip kecuali hanya graduasi saja. Teori dapat dibagi pada dua macam. Pertama, teori umum dan yang kedua teori khusus. Teori umum adalah suatu pernyataan apabila ia benar ma...


Advertisement

No comments:

Post a Comment