.

Pengertian al-Nafyu dalam Ulum al-Quran

 

Kata al-Nafyu (النفي) berasal dari rangkaian huruf - ف – ن dan huruf حرف المعتل) ي) yang secara etimologi berarti menghilangkan, mengingkari atau menegasikan. Selain itu, kata al-Nafyu juga berarti suatu upaya meniadakan sesuatu dari yang lain dan berusaha menjauhkannya. Dikatakan نفى الحاكم فلانا أخرجه من بلده وطرده “hakim mengasingkan (mengusir) si fulan dari negerinya dan menjauhkannya”. Atau نفيت الحصى عنالطريق “menghilangkan (membuang) kerikil dari jalan”.
Secara terminologi, al-Nafyu berarti keterangan yang menunjukkan sesuatu tidak dilakukan atau diibaratkan sebagai satu keterangan yang menunjukan tidak adanya perbuatan yang dilakukan oleh seorang pelaku. Sebagai contoh ولاخوف عليهم ولاهم يحزنون, huruf “لا” dalam ayat ini berposisi sebagai al-Nafyu yang memberikan keterangan tidak adanya ketakutan dan kesedihan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh. Sebaliknya jika keterangan tersebut dihilangkan, maka dengan sendirinya akan menetapkan keberadaan perbuatan yang dimaksud.
Jika kita melihat lebih jauh lagi, al-Nafyu dalam al-Quran tidak hanya berupa penggunaan huruf negasi seperti “لا” atau huruf lainnya yang memiliki fungsi serupa. Akan tetapi bisa berbentuk lafal atau keterangan lain yang menunjukkan negasi (peniadaan) itu sendiri.
Dari keterangan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan al-Nafy fi al-Quran adalah pokok dan dasar yang menjadi acuan penggunaan al-Nafyu (keterangan negasi) yang terdapat dalam al-Quran. Negasi tersebut bisa berbentuk huruf, lafal, keterangan atau semacamnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abu al-Husain Ahmad ibn Faris ibn Zakariya, Maqayis al-Lugah, Juz. IV (Beirut: Ittihad al-Kitab al-‘Arabi, 1423 H./2002 M.). Majma’ al-Lughah al-Arabiyah, Mu’jam al-Wasit (Cet. IV ; Kairo : Maktabah al-Syuruq al-Dauliyah). al-Jurjani, al-Ta‘rifat dalam al-Maktabat al-Syamilah, ver. 2 [software],.
Pengertian al-Nafyu dalam Ulum al-Quran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Secara terminology, al-Nafyu berarti keterangan yang menunjukkan sesuatu tidak dilakukan atau diibaratkan sebagai satu keterangan yang menunjukan tidak adanya perbuatan (fi’il) Kata al-Nafyu  (النفي) berasal dari rangkaian huruf - ف – ن dan huruf حرف المعتل) ي) yang secara etimologi berarti menghilangkan, mengingka...


Advertisement
Post a Comment