Skip to main content

Definisi Jiwa Menurut Ibnu Thufail

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 22, 2012

Nama lengkapnya adalah Abu Bakr Muhammad bin ‘Abdul Malik bin Thaufail al-Qaisi al-Andalusi. Dia mempunyai banyak tulisan, di antaranya yang membahas tentang definisi jiwa adalah Hayy bin Yaqzhan.
Menurut Ibnu Tufail, jiwa yang ada pada manusia dan hewan adalah ruh hewani yang berpusat di jantung. Itulah faktor penyebab kehidupan hewan dan manusia beserta seluruh perilakunya.
Ruh hewani menurut definisi jiwa ini, muncul melalui syaraf dari jantung ke otak, dan dari otak ke seluruh anggota badan. Dialah yang merupakan dasar terwujudnya semua aksi anggota badan.
Sebagaimana filosof lainnya, Ibnu Thufail juga memahami bahwa manusia memiliki tiga daya jiwa, jiwa tumbuh-tumbuhan, jiwa hewan, dan jiwa rasional.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad Usman Najati, (selanjutnya disebut Najati), al-Dirasah al-Nafsaniyyah ‘inda al-‘Ulama’ al-Muslimin, diterjemahkan oleh Gazi Saloom dengan judul Jiwa dalam Pandangan Para Filosof Muslim. Cet. I; (Bandung: Pustaka Hidayah, 1423 H/2002 H). Muhammad Ali Abu Rayyan, Tarikh al-Fikr al-Falsafi fi al-Islam. Iskandariyah: (Dar al-Jami’at al-Misriyyah, 1984). Mustafa Abd. Al-Razzaq, Tamhid li Tarikh al-Falsafah al-Islamiyyah. Cet. II; (Mesir: Lajnah al-Ta’lif wa al-Tarjamah wa al-Nasyr, 1379 H/1959 M).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar