.

Contoh Pengamatan dalam Penelitian

 

Pengamatan Perilaku Manusia
Pengamatan perilaku manusia di tempat kerja, pekerja pria-nikah dan wanita-lajang bekerja lembur. Sedangkan pekerja pria-lajang dan wanita-nikah pulang tepat waktu. Indikasi yang muncul, pernikahan berpengaruh positif terhadap karir pria dan sebaliknya berpengaruh negatif terhadap karir wanita.
Pengamatan dapat didukung oleh bukti-bukti lain seperti perilaku non-verbal yang merupakan komunikasi dimana makna dipertukarkan antar pihak. Contoh di atas adalah amatan perilaku non-verbal dalam penelitian tentang status dan semangat kerja.
Pengamatan Response Latency
Jumlah waktu yang diperlukan untuk membuat pilihan antara dua alternatif, digunakan sebagai penunjuk atau ukuran tentang kekuatan preferensi. Misalnya dua gambar sama yang diminta untuk dipilih salah satunya, semakin lama waktu yang digunakan untuk menentukan pilihan dari dua alternatif. Semakin mirip preferensi dari kedua alternatif tersebut.
Pengamatan Buatan
Pengamat yang berpura-pura berbelanja sambil mengamati kinerja pramuniaga.
Pengamatan Terhadap Obyek Fisik
Pengamatan terhadap bukti-bukti lacak fisik terhadap suatu kejadian atau peristiwa yang lalu. Misalnya pengamatan terhadap satu kemasan produk, puntung rokok, sisa makanan dan sebagainya.
Pengamatan Content Analysis
Sebuah teknik penelitian untuk secara obyektif, sistematik dan kuantitatif menggambarkan isi dari komunikasi. Misalnya, mengamati dan menganalisis isi iklan, kontrak, surat dan sebagainya. Menganalisis informasi spesifik dari konten dan karakteristik pesan (tema, kata-kata yang digunakan, ruang, waktu, dan sebagainya).
Pengamatan Mekanik
Pengamatan yang menggunakan peralatan mekanik sebagai alat bantu. Seperti kamera video, penghitung trafik, tape recorder, optical scanner, bar-codes, atau alat mekanik lainnya untuk mempermudah pengamatan dan pencatatan perilaku.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Pusat Bahasa DEPDIKNAS RI, Kamus Bahasa Indonesia, (Pusat Bahasa;Jakarta: 2008). Metode Pengamatan Ilmiah, (file Pdf bersumber dari http://teknik.unitomo.ac.id/elearning/e_learning/metode%20riset/Pertemuan%20ke%20-%206.pdf)
Contoh Pengamatan dalam Penelitian 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pengamatan perilaku manusia di tempat kerja, pekerja pria-nikah dan wanita-lajang bekerja lembur. Sedangkan pekerja pria-lajang dan wanita-nikah pulang tepat waktu. Pengamatan Perilaku Manusia Pengamatan perilaku manusia di tempat kerja, pekerja pria-nikah dan wanita-lajang bekerja lembur. Sedangkan ...


Advertisement
Post a Comment