.

Biografi Usman bin Affan

 

Nama lengkapnya adalah Usman bin Affan ibn Abi al-Ash ibn Umayyah ibn Abd al-Syam ibn Manaf ibn Qushayyi ibn Qilab al-Quraisy al-Amawi. Lahir di Thaif tahun keenam dari tahun gajah. Ibunya bernama Arwah binti Quraisy bin Rabiah, putri dari Ummu Hakim binti Abdul al-Muthalib. Jadi, ibunda Usman adalah sepupu Nabi dari pihak ayah.
Usman bin Affan masuk Islam atas ajakan Abu Bakar al-Shidiq. Selain menjadi sahabat Nabi, ia juga merupakan menantu Nabi. Nabi sangat mengaguminya karena kesederhanaan, kesalehan, dan kedermawananya. Dan Nabi menikahkan dua orang putrinya dengan Usman bin Affan secara berurutan, yaitu setelah putrinya yang satu meninggal. Ketika putrinya yang kedua meninggal, Nabi berkata, "seandainya dia mempunyai putri yang lain, pasti dia telah menikahkannya dengan Usman bin Affan". Oleh sebab itu, Usman bin Affan bergelar Zdū al-Nūrain (yang memiliki dua cahaya).
Pada masa perjuangannya dengan Nabi, pengorbanan Usman bin Affan tidak diragukan lagi. Ia telah mendarmabaktikan segala yang dimilikinya. Ia pernah membeli sebuah sumur dari tangan orang Yahudi seharga 20 dirham untuk kepentingan orang banyak. Tatkala perang tabuk ia menyumbangkan puluhan ribu dinar dan ratusan ekor unta dan kuda. Selain itu, hartanya diinfaqkan untuk pembangunan sarana peribadatan demi kepentingan umum.
Usman bin Affan termasuk golongan Quraisy yang kaya raya dari kabilah Bani Umayyah, keluarganya terdiri dari kaum aristokrat Mekkah yang merupakan saudagar-saudagar kaya yang mempunyai pengalaman dalam perekonomian dan administrasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Jalāl al-Dīn al-Suyūthi, Tārīkh al-Khulafā’ (Beirut: Dār al-Fikr). Syed Mahmudunnasir, Islam Konsepsi dan Sejarahnya (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1993). Departemen Agama RI, Ensiklopedia Islam di Indonesia, jilid III (Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam, 1993).
Biografi Usman bin Affan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Usman bin Affan masuk Islam atas ajakan Abu Bakar al-Shidiq. Selain menjadi sahabat Nabi, ia juga merupakan menantu Nabi. Nabi sangat mengaguminya karena kesederhanaan, kesalehan, dan kedermawananya. Nama lengkapnya adalah Usman bin Affan ibn Abi al-Ash ibn Umayyah ibn Abd al-Syam ibn Manaf ibn Qushayyi ibn Qilab al-Quraisy al-Amawi. Lah...



Advertisement

No comments:

Post a Comment