.

Sejarah Munculnya Bangsa Mongol

 

Asal mula bangsa mongol adalah masyarakat hutan yang mendiami daerah Siberia dan mughal wilayah luar disekitar danau Baikal. Sebenarnya mereka bukanlah seperti suku nomad yang suka berpindah pindah dari berbagai stepa ke stepa yang lain walaupun mereka selalu mengalahkan stepa mana saja dimana mereka bertemu sebagai akibat dari ketangkasan mereka menunggang kuda sambil memainkan anak panah yang mereka kuasai.
M. Abdul Karim mengatakan bahwa sejarah bangsa mongol sudah dimulai pada abad ke XII M. dan awal abad ke XIII M. sebagaimana ia mengutip dari buku secret history of the mongol, beberapa sumber Persia dan cina, mengatakan bahwa tampak pada mulanya bangsa mongol adalah suatu masyarakat hutan, mereka adalah salah satu dari anak rumpun bangsa tartar. Sebagian besar ahli sejarah mengatakan bahwa bangsa mongol adalah asal nama suatu tempat asal mereka di Mongolia, dimana mula- mula mereka tinggal maka dinamakan mongol.
Sejarah cina mengatakan bahwa nama mongol berasal dari bahasa Cina “ mong “ yang artinya pemberani, namun hampir seluruh sejarawan mengakui bahwa bangsa mongol muncul bersamaan dengan bangsa Hun di Asia tengah yang terkenal dengan bangsa tartar. Badri Yatim dalam sejarah peradaban islam mengatakan bangsa mongol berasal dari pegunungan Mongolia, yang membentang dari asia tengah sampai ke Siberia utara, Tibet selatan, dan Manchuria barat serta Turkistan timur. Nenek moyang mereka bernama Alanja Khan yang mempunyai dua putra kembar, tartar dan mongol. Kedua putra itu melahirkan dua suku bangsa yang besar, mongol dan tartar. Mongol mempunyai anak bernama ilkhan yang melahirkan keturunan pimpinan bangsa mongol di kemudian hari.
Ada referensi sejarah yang mengatakan bahwa pada awal abad XII M. Orang-orang mongol dibawah kekuasaan dinasti Keen di cina utara, keberadaan mereka pertama dibawah pimpinan Khabul Khan dan memberontak terhadap dinasti Cina tersebut dan mereka menang mutlak mengalahkan Dinasti Keen Kusaku (kusagu). Dengan demikian orang mongol mulai dikenal dalam sejarah, demikian pula pimppinan mereka khabul kahan dengan memakai gelar khakan. Pada akhir abad ke XII M. orang mongol bersatu di bawah pimpinan chengis khan dan muncul dalam sejarah sebagai kekuatan besar yang menggetar asia.
Pimpinan atau khan bangsa Mongol yang pertama adalah yesugey (W 1175 M), ia adalah ayah Chengis Khan (biasa dengan ejaan Jengis Khan). Chengis khan sendiri bernama asli timujin yang diberikan padanya dalam sebuah sidang kepala suku mongol tertinggi pada tahun 1206 M pada umur 44 tahun di qaraqorum. Ia adalah seorang pandai besi yang mencuat namanya karena sebuah peperangan yang dimenangkannya melawan orang khan atau torgil kepala suku kreyt.
Bangsa mongol adalah bangsa biadab yang paling menggetarkan, yang pernah dialami dunia. Tujuan mereka tidaklah menaklukkan untuk menduduki daerah, juga tidak untuk merampok saja, tetapi terutama untuk menumpahkan darah dan menghancurkan negeri. Disetiap daerah yang di laluinya pembunuhan besar-besaran terjadi, bangunan-bangunan indah dihancurkan, sekolah, masjid-masjid dan gedung-gedung lainnya di bakar.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ali mufrodi, islam di kawasan kebudayaan arab. Cet,I ; (Jakarta : logos Wacana Ilmu, 1997). Badri yatim, sejarah peradaban islam,ed I, (Jakarta;rajawali pers 2008). Lothrop Stoddard, the new world of islam, diterjemah oleh : m. muljadi djojomartono dkk, judul ; dunia baru islam, (ttp, 1966). Philip k. Hitti, History of the arabs ; From the earliest times to the present, terjemahan ; History of the arabs, R. cecep lukman yasin dan dedi slamet riyadi, cet; II (Jakarta : PT. Serambi Ilmu Semesta, 2006).
Sejarah Munculnya Bangsa Mongol 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pimpinan atau khan bangsa mongol yang pertama adalah yesugey (W 1175 M), ia adalah ayah Chengis Khan. Chenggis khan sendiri bernama asli timujin yang diberikan padanya dalam sebuah sidang kepala suku mongol tertinggi pada tahun 1206 M Asal mula bangsa mongol adalah masyarakat hutan yang mendiami daerah Siberia dan mughal wilayah luar disekitar danau Baikal. Sebenarnya mer...


Advertisement

1 comment:

  1. Atusan Mongol pernah dipotong telinganya oleh Raja Singasari ( Kertanegara ), saat hendak membalas malah dikadali oleh R.Wijaya (pendiri Majapahit ) , konon banyak prajurit mongol yang mati ditanah jawa ....

    ReplyDelete