.

Pengertian Kosakata

 

Kosakata merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting keberadaannya. Dalam kamus besar bahasa indonesia (Dekdikbut, 1996: 527), Kosakata diartikan sebagai, “perbendaharaan kata”.
Selain itu, Rahayu (1999: 6) menyatakan bahwa “kosakata adalah keseluruhan kata atau perbendaharaan kata atau istilah yang mengacu pada konsep-konsep tertentu yang dimiliki oleh seseorang atau suatu bahasa dalam suatu lingkungan.
Dowdowski (1982: 1454)) menyatakan bahwa:
  1. Kosakata merupakan keseluruhan kata yang terdapat dalam suatu bahasa
  2. Kosakata adalah keseluruhan kata yang tersedia baik Kosakata aktif yang digunakan oleh pembaca dan penulis maupun Kosakata fasif yang digunakan oleh pembaca dan pendengar.
Hal sendiri dikemukakan Adiwinarta dalam Husen (1994: 7) bahwa:
“Kosakata 1). Semua kata yang terdapat dalam suatu bahasa, 2). Kata yang dikuasai oleh seseorang atau kata-kata yang dipakai oleh segolongan orang dalam lingkungan yang sama, 3). Daftar sejumlah kata dan frase dari suatu bahasa yang disusun secara alfabetis disertai batasan dan keterangan”.
Sedangkan menurut Swahnell (1986: 633): Kosakata atau penggunaan kata dalam bahasa, buku, karangan atau cabang ilmu pengetahuan dan penyusunan kata dalam bahasa.
Dari pendapat-pendapat yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa Kosakata adalah kenyataan kata yang dimiliki seseorang yang mengacu pada konsep tertentu, memiliki aturan serta kaidah-kaidah tertentu. Dan digunakan untuk memberi dan menerima informasi.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber
Pengertian Kosakata 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Kosakata adalah kenyataan kata yang dimiliki seseorang yang mengacu pada konsep tertentu, memiliki aturan serta kaidah-kaidah tertentu. Dan digunakan untuk memberi dan menerima informasi Kosakata merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting keberadaannya. Dalam kamus besar bahasa indonesia (Dekdikbut, 1996: 527), Ko...


Advertisement

No comments:

Post a Comment