.

Pengertian Khawarij; Pengantar

 

Khawarij adalah kata jadian dari حر ج - حروجا yang berarti فرقة من الفراق الإسلامية. Makna tersebut memberikan konotasi : Khawarij adalah kelompok yang keluar dari komunitas Ali, dan membuat kelompok lain, golongan yang memisahkan diri dari orang kafir, golongan yang selalu menyerukan Jihad, dan bahkan kepada Ali bin Abi Thalib dan pengikutnya sekalipun.
Persepsi di atas, yang paling representatif dengan reputasi Khawarij adalah interpretasi pertama, sementara interpretasi kedua dan selanjutnya adalah gambaran atas sekte-sekte yang ada dalam kelompok Khawarij.
Pendapat lain mengatakan bahwa Khawarij berasal dari kata حرج yang berarti keluar disandarkan kepada kelompok yang berpaling dan bahkan memusuhi Ali bin Abi Thalib. Penamaan ini disandarkan pada QS: Annisa (4 :100)
ومن يحرج من بيته مها حرا إلا الله ورسول
Oleh karena itu orang Khawarij memandang dirinya sebagai orang keluar meninggalkan kampung halamannya beserta seluruh aktifitasnya untuk mengharap ridha Allah. Namun pendapat tersebut dibantah oleh al Gharaby, yang mengatakan bahwa ayat tersebut tidak bisa disandarkan pada Khawarij, karena ayat itu tidak ada relefansinya
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
A.W. Munawwir, Kamus al Munawwir, Arab Indonesia, (Yokyakarta, Proressif, 1984). W. Montgomery, The Formative Period Of Islamic Thought, (Edinburg; University Press, 1973). Muhammad Sayyid al Wakil Lamhatun min taukhid da’wah Asbabau Dhaif fiil Ummatil islam , diterjemahkan oleh Fadli Bahri LC dengan judul Wajah dunia Islam Dari dinasti bani Umayyah hingga imprialisme Moderen, (Jakarta; Pustaka Al Kausar, 1998).
Pengertian Khawarij; Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pendapat lain mengatakan bahwa Khawarij berasal dari kata حرج yang berarti keluar disandarkan kepada kelompok yang berpaling dan bahkan memusuhi Ali. Penamaan ini disandarkan pada QS: Annisa (4 :100) Khawarij adalah kata jadian dari حر ج - حروجا yang berarti فرقة من الفراق الإسلامية. Makna tersebut memberikan konotasi : Khawarij adalah k...


Advertisement
Post a Comment