.

Pengertian Ishlah; Sebuah Pengantar

 

Kata ishlah berasal dari bahasa Arab yang berakar kata shalaha, terdiri atas tiga huruf yakni “الصاد”, “اللام” dan “الحاء”, makna dasarnya يدل على خلاف الفساد (pengertiannya menunjuk pada arti kebalikan dari kerusakan). Dalam beberapa buku Kamus ditemukan pengertian kata shalah yang sangat bervariasi yang antara lain; baik, tidak rusak, tidak binasa, saleh, patut, damai, bermanfaat, al-silmu (keselamatan) dan khilafu takhasamah (kebalikan dari permusuhan). Sedangkan dalam bahasa Indonesia ishlah yang berarti perdamaian adalah terjalinnya suasana yang aman dan rukun dalam segala bidang.
Berdasar dari pengertian-pengertian di atas, maka ishlah yang dimaksudkan cenderung kepada suatu suasana yang diliputi dengan keamanan, ketertiban dan kerukunan dalam berbagai hal. Dalam arti yang lebih luas, maka ishlah terkait dengan persatuan dan persaudaraan dalam kehidupan.
Demikian referensi makalah singkat ini, semoga berkah dan membawa manfaat dalam menambah samudera keilmuan anda.
Kepustakaan:
Abu al-Husayn Ahmad ibn Faris ibn Zakariyah, Mu’jam Maqayis al-Lugah, juz III (t.t.: Dar al-Fikr, 1979). Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia (Jakarta: Hidakarya Agung, 1992). Louis Ma’luf, Al-Munjid fiy al-Lugah (Cet. XXI; Beirut : Dar al-Masyriq, 1977). Pendidikan dan Kebudyaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1992).
Pengertian Ishlah; Sebuah Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh ishlah yang dimaksudkan di sini adalah suatu suasana yang diliputi dengan keamanan, ketertiban dan kerukunan dalam berbagai hal. Dalam arti yang lebih luas Kata ishlah berasal dari bahasa Arab yang berakar kata shalaha, terdiri atas tiga huruf yakni “الصاد”, “اللام” dan “الحاء”, makna dasarnya ...



Advertisement

No comments:

Post a Comment