.

Pengertian dan Syarat Hadis Mutawatir

 

Hadis mutawatir ialah khabar yang didasarkan pada panca indra yang dikhabarkan oleh sejumlah orang yang mustahil menurut adat mereka bersepakat untuk berdusta dalam mengkhabarkan berita itu, atau diriwayatkan oleh orang banyak dari orang banyak.
Hadis mutawatir mempunyai tiga syarat yaitu:
  1. Pemberitaan oleh rawi tersebut harus berdasarkan tanggapan panca indra yakni melalui hasil pendengaran, penglihatan sendiri dan bukan semata-mata analisa dan rangkuman.
  2. Para perawinya harus mencapai suatu ketentuan banyak yang tidak memungkinkan mereka bohong.
  3. Adanya keseimbangan jumlah rawi-rawi pada lapisan pertama dengan lapisan berikutnya.
Syarat hadis mutawatir harus selalu diperoleh berdasarkan pengalaman melalui panca indra bukan semata-mata hasil pikiran sendiri dan dapat dipahami bahwa banyak rawi sampai mencapau ketentuan (jumlah yang banyak), maka tidak rasional mereka berbuat tidak adil dan tidak jujur. Jumlah rawi dimaksud adalah jumlah yang tidak ditentukan batasnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Fathurrahman, Ikhtisar Musthalahul Hadits (Bandung: PT. Ma’arif, 1973).
Pengertian dan Syarat Hadis Mutawatir 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Persyaratan hadis mutawâtir harus selalu diperoleh berdasarkan pengalaman melalui panca indra bukan semata-mata hasil pikiran sendiri dan dapat dipahami bahwa banyak rawi sampai mencapau ketentuan (jumlah yang banyak), Hadis mutawatir ialah khabar yang didasarkan pada panca indra yang dikhabarkan oleh sejumlah orang yang mustahil menurut adat mereka berse...


Advertisement
Post a Comment