.

Pengertian Akhlak; Sebuah Pengantar

 

Akhlak adalah suatu keadaan jiwa seseorang yang menimbulkan terjadinya perbuatan seseorang dengan mudah, artinya perbuatan itu baik. Menurut Ruddin Emang dalam bukunya “Akhlak Tasauf”, bahwa:
Akhlak adalah dari bahasa Arab jama’ dari kata khuluq, artinya perangai atau tabiat. Dalam pengertian Indonesia sehari-hari, akhlak umumnya disamakan dengan budi pekerti atau kesusilaan atau sopan santun .
Dengan demikian, perbuatan, sikap dan pemikiran seseorang itu baik niscaya jiwanya baik apabila jiwanya baik berarti akhlaknya baik pula, begitu pula sebaliknya apabila jiwanya buruk, maka buruk pulalah akhlaknya. Jadi untuk mengetahui baik dan buruknya akhlak seseorang itu melalui perbuatan, sikap dan pemikirannya dan pemikirannya yang bersifat lahiriyah.
Berdasarkan definisi tersebut maka penulis mengambil kesimpulan bahwa yang disebut akhlak ialah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan dengan mudah karena kebiasaan tanpa pertimbangan pikiran lebih dahulu, artinya perbuatan yang akan dilaksanakan yang mengandung kebaikan tidak menggunakan pemikiran dan waktu yang lama. Karena akhlak adalah merupakan suatu ilmu yang menjelaskan baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan dan merupakan jalan untuk melakukan perbuatan maupun menyatakan tujuan di dalam perbuatan.
Referensi Makalah
Kepustakaan:
Ruddin Emang, Akhlak Tasawuf (Ujungpandang: Identitas, 1994). Masyhur Amin, Aqidah Akhlak (Yogyakarta: Kota Kembang, 1994).
Pengertian Akhlak; Sebuah Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh penulis mengambil kesimpulan bahwa yang disebut akhlak ialah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan dengan mudah karena kebiasaan tanpa pertimbangan pikiran lebih dahulu Akhlak adalah suatu keadaan jiwa seseorang yang menimbulkan terjadinya perbuatan seseorang dengan mudah, artinya perbuatan itu baik. Menuru...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment