.

Paradigma Tujuan Pengajaran

 

Tujuan pengajaran merupakan bagian yang terpenting dalam proses belajar-mengajar, oleh karena itu perlu mendapat perhatian yang khusus dalam tiap model pengajaran. Tujuan pengajaran meliputi tujuan guru dan tujuan siswa. Ada tiga jenis tujuan yang masing-masing meliputi tujuan sekolah, tujuan guru, dan tujuan siswa. Ketiga tujuan itu dapat menuntun perkembangan belajar dan mengajar.
Beranjak dari berbagai uraian tentang belajar dan mengajar yang telah dikemukakan oleh para pakar, maka dapat disimpulkan bahwa antara belajar dan mengajar dengan tujuan pengajaran, adalah unsur yang paling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya.
Adalah suatu hal yang tidak wajar bila seorang guru yang sedang mengajar tidak pernah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan atau berupa tanggapan tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi pelajaran yang disampaikan sebagai bentuk interaksi. Hal yang mengingkari tujuan pengajaran ini, tidak jarang kita jumpai sehingga kadang-kadang timbul berbagai tanggapan bahwa guru tersebut kurang menguasai materi yang sedang disajikan dan tidak mengherankan bila ada siswa yang lebih pandai dibanding dengan gurunya.
Terjadinya perpaduan antara proses mengajar guru dan proses belajar siswa menimbulkan terjadinya proses belajar mengajar yang sangat memerlukan pengaturan dan perencanaan yang mantap terutama dalam menentukan komponen dan variabel yang harus ada dalam proses pengajaran, sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang efektif.
Belajar mengajar juga merupakan suatu kegiatan yang terjadi antar guru dengan anak didik untuk mencapai suatu tujuan dan dapat merubah tingkah laku dan pola pikir siswa sesuai dengan apa yang diharapkan. Proses belajar mengajar dapat terjadi kapan dan dimana saja dan kedua istilah tersebut tidak dapat dipisahkan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta, Rineka Cipta, 1997. Roestiyah NK, Didaktik Metodik, Jakarta, PT. Bina Aksara, 1986. Abdul Djamali, Petunjuk Praktis Tentang Cara Mengajar Dengan Baik di Perguruan Tinggi, Bandung, CV. Armico, 1985
Paradigma Tujuan Pengajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Belajar mengajar juga merupakan suatu kegiatan yang terjadi antar guru dengan anak didik untuk mencapai suatu tujuan dan dapat merubah tingkah laku dan pola pikir siswa sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan pengajaran merupakan bagian yang terpenting dalam proses belajar-mengajar, oleh karena itu perlu mendapat perhatian yang khusus dala...



Advertisement

No comments:

Post a Comment