.

Kelebihan Metode Tafsir Maudhu'iy

 

Bahan-bahan makalah sebagai referensi kajian tafsir dengan berbagai macam metode yang dipakai. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki menjadi corak identik tersendiri. Untuk metode tafsir maudhu’iy, secara sederhana kelebihannya dapat dilihat sebagai berikut:
Menjawab tantangan zaman
Sebagai kosekuensi dari kemajuan dan percepatan ilmu dan teknologi terhadap peradaban manusia, maka terjadi perubahan yang dramatis dan sporadis dalam tatanan hidup masyarakat. Dampak tersebut baik positif dan negatif berdampak langsung pada kehidupan manusia. Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam yang bersifat universal harus dan mutlak mengikuti perkembangan zaman. Sebab dinamika yang berkembang dalam masyarakat tidak hanya berdimensi duniawi, tetapi lebih dari itu juga berdimensi ukhrawi dalam arti agama.
Model tafsir yang dianggap signifikan menjawab persoalan itu adalah tafsir maudhu’iy yang membahas masalah secara tematik, tajam, dan terperinci.
Praktis dan Sistematis
Tafsir maudhu’iy adalah tafsir alternatif di tengah kesibukan manusia sehingga seakan-akan manusia tidak punya waktu untuk membaca tafsir yang kompleks dan besar. Tafsir maudhu’iy yang tematik dapat menyelesaikan masalah dengan singkat dan terpusat.
Dinamis
Dengan menyusun tema yang urgen, dalam masyarakat sehingga tafsir ini bisa mngikuti dinamika masyarakat. Sehingga tampak Al-Quran dapat menjadi pembimbing umat Islam, aktual, dan tidak ketinggalan zaman.
Membuat Pemahaman menjadi Utuh
Dengan topik yang jelas, maka kajian Al-Quran, dapat diserap secara utuh dan simultan tanpa terintervensi atau berbaur masalah lain.
Kepustakaan:
Baidan, Nasruddin. Metodologi Penafsiran al-Qur’an. Yogyakarta: Glagan UH TV, 1998. Al-Farmawiy, Abd al-Hayy. Al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu’iy, alih bahasa oleh Suryan A.Jamrah dengan judul “Metode Tafsir Maudhu’iy, Suatu Pengantar”. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1996.
Kelebihan Metode Tafsir Maudhu'iy 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Untuk metode tafsir maudhu’iy, secara sederhana kelebihannya dapat dilihat sebagai berikut Bahan-bahan makalah sebagai referensi kajian tafsir dengan berbagai macam metode yang dipakai. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki men...


Advertisement
Post a Comment