.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Media Pendidikan

 

Dalam memilih media pendidikan ada empat hal yang perlu dipertimbangkan yaitu: pertimbangan produksi, peserta didik, isi dan guru.
Pertimbangan Produksi
  1. Availability; tersedianya bahan. Media pendidikan akan efektif dalam mencapai tujuan, bila tersedia bahan dan berada pada sistem yang tepat. 
  2. Cost (harga); media pendidikan dengan harga yang tinggi tidak menjamin penyusunan menjadi tepat, demikian sebaliknya tanpa biasanya juga tidak akan berhasil, artinya tujuan belum tentu dapat di capai. 
  3. Physical condition (kondisi fisik); Kondisi fisik media pendidikan turut mempengaruhi. Misalkan dengan warna yang buram, akan mengganggu kelancaran belajar mengajar. 
  4. Accessebility to student (mudah dicapai) maksudnya: pembelian  media pendidikan, hendaknya yang dwi fungsi, yaitu guru dapat menggunakannya dan peserta didik juga akan semakin mudah mencerna pelajaran. 
  5. Emotional impact. Sejauh mana media pendidikan dapat dicapai oleh pendidikan, maka pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan media harus mampu bernilai estetika sebab akan lebih menarik untuk menumbuhkan motivasi.
Pertimbangan Peserta Didik
  1. Student characteristics (watak peserta didik). Guru harus mampu memahami tingkat kematangan dan latar belakang peserta didik. Dengan demikian, guru dapat menentukan pilihan-pilihan media pendidikan yang sesuai dengan karakter peserta didik, meliputi masalah tingkat kematangan peserta didik secara komprehensif. 
  2. Student relevance (sesuai dengan peserta didik).  Media pendidikan yang relevan akan memberi nilai posistif dalam mencapai tujuan belajar, pengaruhnya akan meningkatkan pengalaman peserta didik, pengembangan pola pikir, analisis pelajaran, sehingga dapat menceritakan kembali pelajaran yang diajarkan dengan baik. 
  3. Student involvement (keterlibatan peserta didik).  Media pendidikan yang disajikan akan memberi kemampuan peserta didik dan keterlibatan peserta didik secara pisik dan mental untuk meningkatkan potensi belajar.
Pertimbangan Isi
  1. Curriculair-relevance: Penggunaan media pendidikan harus sesuai dengan isi kurikulum, tujuannya harus jelas, perlu dengan baik. 
  2. Content-soundness. Banyak media pendidikan yang sudah diprogram (software) siap pakai/bahan jadi seperti: film slide, sound slide, video cassette dan sebagainya, tapi kemungkinan bahan jadi tersebut belum tentu cocok dan mungkin sudah tidak up to date atau sudah out of print, sudah ketinggalan zaman, sehingga sudah tidak sesuai lagi. 
  3. Presentation. Jika isi sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan, perlu juga cara menyajikan media pendidikan yang benar.
Pertimbangan Guru
  1. Teacher-utilization. Guru harus mempertimbangkan dari segi pemanfaatan media pendidikan yang akan digunakan, sebagai bahan pertimbangan: Apakah media yang digunakan untuk kepentingan individu atau kelompok?, Apakah media yang digunakan media tunggal atau multi media, Yang lebih penting berorientasi terhadap tujuan pendidikan. 
  2. Teacher peace of mind. Media pendidikan yang digunakan mampu memecahkan problem, jangan malah menimbulkan masalah, maka perlu observasi dan review bahan-bahan tersebut sebelum disajikan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002). A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers, t.th. Muhammad Syata, Pengantar Media Pendidikan Bidang Study, IKIP Ujung Pandang, 1990.
Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Media Pendidikan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Cost (harga) yang tinggi tidak menjamin penyusunan menjadi tepat, demikian sebaliknya tanpa biasanya juga tidak akan berhasil, artinya tujuan belum tentu dapat di capai. Dalam memilih media pendidikan ada empat hal yang perlu dipertimbangkan yaitu: pertimbangan produksi, peserta didik, isi dan guru. Perti...


Advertisement

No comments:

Post a Comment