.

Biografi Fazlur Rahman

 

Fazlur Rahman dilahirkan pada tanggal 21 September 1919 di daerah sebelah Barat Laut Pakistan, dan wafat pada tanggal 26 Juli 1988 di Chicago. Ia dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang berlatar belakang tradisi mazhab Hanafī. Ayahnya seorang ulama tradisional keluaran Deoband, suatu madrasah tradisonal yang kemudian berkembang menjadi perguruan tinggi agama yang sangat terkenal di anak benua India. Sebagai anak seorang ulama, tentu saja secara informal Fazlur Rahman pada banyak berguru kepada ayahnya selama ayahnya tersebut masih hidup, dan secara formal Fazlur Rahman memulai pendidikan menengahnya di madrasah.
Fazlur Rahman melanjutkan pendidikan Universitas Punjab, dan pada tahun 1942, ia meraih gelar MA dalam konsentrasi sastra Arab. Pada tahun 1950 ia meraih gelar doktor dari Universitas Oxford, dan kemudian menjadi guru besar (professor) di universitas tersebut. Selain melakukan studi secara formal, Fazlur rahman juga menempuh studi non formal, terutama dalam mempelajari sejumlah bahasa Barat, misalnya bahasa Barat-Latin, Yunani, Prancis, dan Jerman, serta bahasa-bahasa dunia Islam selain Arab, misalnya bahasa Urdu, Persia, Turki. Dengan demikian, praktis bahwa Fazlur Rahman telah menguasai sekurang-kurangnya hampir sepuluh jenis bahasa.
Setelah menyelesaikan studinya di Orford, Fazlur Rahman tidak segera kembali ke negara asalnya, Pakistan, melainkan ia tinggal di Inggris, dan mengajar di Universitas Durham di negara tersebut. Kemudian pada tahun 1958 ia juga dikukuhkan sebagai guru besar di Institute of Islamic Studies University McGill, Kanada.
Setelah belasan tahun Fazlur Rahman melanglang buana di barat, terhitung sejak studinya di Oxford tahun 1946, maka pada awal dasawarsa tahun 1960-an, ia kembali ke Pakistan. Ketika itu, di Pakistan sedang terjadi perdebatan sengit antara berbagai kelompok Islam konservatif, modernis, dan sekularis dalam menentukan struktur Islam yang relevan untuk Pakistan. Dengan kembali Fazlur Rahman di Pakistan ketika itu, praktis bahwa ia telah turut memberi sumbangsi yang sangat besar terhadap orientasi keislaman negara Islam Pakistan.
Sebagai seorang tokoh, maka Fazlur Rahman menjadi staf senior di Lembaga Riset Islam, dan diangkat pemerintah Ayyub Khan sebagai direktur lembaga tersebut pada tahun 1962. Kemudian menjadi anggota dewan penasehat ideologi Islam Pakistan, tahun 1964-1968. Selain itu Fazlur Rahman juga masih tetap menduduki jabatan penting di negara-negara Barat, yakni sebagai guru besar (profesor) Mc. Gill (Kanada); dan Chicago University (Amerika).
Ketika Fazlur Rahman tidak lagi menjabat Direktur di Lembaga Riset Islam Pakistan, tepatnya pada tahun 1969, maka ia pindah lagi ke Barat dan mengabdi di almamaternya sebagai guru besar yang membina mata kuliah Al-Quran, Filsafat Islam, Tasawuf, hukum Islam, pemikiran politik Islam, modernisme Islam, kajian-kajian al-Ghazāli, kajian Ibn Taymiyah, Kajian Syah Waliyullah, dan Kajian Iqbal. Selain kesibukan mengajar, Fazlur Rahman juga sering diminta lembaga-lembaga pusat studi di negara Barat lainnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Riwayat hidup singkat Fazlur Rahman yang ditulis oleh Abd. A’la, “Islam sebagai Faith in Action; Menguak Liberalisme Teologi Fazlur Rahman”, dalam Akademika Jurnal Studi Keislaman, Vol 16 No. 2 (Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2005). Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam Indonesia (Cet. I Jakarta: Djambatan, 1992). Fazlur Rahman, Islam and Modernity; Transformation of Intelectual (Chichago: University Press, 1982). Ghufran A. Mas’adi, Pemikiran Fazlur Rahman tentang Metodologi Pembaharuan Hukum Islam (Cet. II; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1998). Ahmad Syafii Maarif “Fazlur Rahman; Al-Quran dan Pemikiran Islam”, pengantar untuk edisi Indonesia dari karya Fazlur Rahman, Islam, terjemahan Ahsin Mohammad (Bandung: Pustaka, 1984).
Biografi Fazlur Rahman 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Fazlur Rahman melanjutkan pendidikan Universitas Punjab, dan pada tahun 1942, ia meraih gelar MA dalam konsentrasi sastra Arab. Pada tahun 1950 ia meraih gelar doktor dari Universitas Oxford, Fazlur Rahman dilahirkan pada tanggal 21 September 1919 di daerah sebelah Barat Laut Pakistan, dan wafat pada tanggal 26 Juli 1988 di Chica...


Advertisement

No comments:

Post a Comment