.

Model Pembelajaran Individual

 

Setiap individu memiliki perbedaan termasuk perbedaan dalam gaya belajar peserta didik. Karena itu  pembelajaran individual akan selalu menarik perhatian para pendidik untuk mengkaji dan menganalisisnya. Tugas-tugas yang dikerjakan para peserta didik di rumah kebanyakan menuntut kegiatan secara individual, beberapa kegiatan dan pemberian tugas di sekolah juga dapat dikerjakan secara individual, seperti memecahkan soal, melakukan pengamatan atau percobaan di laboratorium, dan sebagainya.
Pembelajaran individual tampak pada prilaku atau kegiatan guru dalam mengajar yang menitikberatian pada pemberian bantuan dan bimbingan belajar kepada kepada masing-masing siswa secara individual. Rencana suatu tujuan belajar yang didesain untuk belajar mandiri harus disesuaikan dengan karakteristik individu dan kebutuhan setiap peserta didik.
Dalam buku Konsep dan Makna Pembelajaran disebutkan ada empat bentuk-bentuk belajar mandiri yaitu: (1) self instruction semacam modul; (2) independent study; (3) individualized prescribed instruction, dan (4) self pacet learning. Untuk itu belajar meningatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik lebih banyak ditempuh dengan belajar mandiri. Pada model pembelajaran individual, guru memberikan bantuan belajar kepada masing-masing pribadi peserta didik sesuai mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Prilaku pembelajaran individual ini guru akan memberikan kesempatan dan keleluasaan masing-masing individu untuk dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (cet. V, Bandung: Alfabeta, 2007).
Model Pembelajaran Individual 4.5 5 Mushlihin, al-Hafizh Pembelajaran secara individual tampak pada prilaku atau kegiatan guru dalam mengajar yang menitikberatian pada pemberian bantuan dan bimbingan belajar kepada kepada masing-masing Setiap individu memiliki perbedaan termasuk perbedaan dalam gaya belajar peserta didik. Karena itu  pembelajaran individual akan selalu men...



Advertisement

No comments:

Post a Comment