.

Penelitian dan Pengembangan (Research and Development; R&D)

 

Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktik. Dalam bidang industri misalnya antara 4-5% biyaya digunakan untuk mengadakan penelitian dan pengembangan.
Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah proses untuk mengembangkan suatu produk baru untuk menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, alat tulis, dan alat pembelajaran lainnya. Akan tetapi, dapat pua dalam bentuk perangkat lunak (software), seperi program komputer, pelatihan, bimbingan, evaluasi. Dll.
Penelitian-penelitian di bidang pendidikan, umumnya diarahkan pada pengembangan suatu produk, tetapi ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru berkenaan dengan fenomena-fenomena yang bersifat fundamental, serta praktik-praktik pendidikan. Penelitian tentang fenomena fundamental pendidikan dilakukan melalui penelitian dasar (basic research), sedang penelitian tentang praktik pendidikan dilakukan melalui penelitian praktik pendidikan diakukan melalui peneitian terapan (appied research).
Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), merupakan metode penghubung atau pemutus kesenjangan antara penelitian dasar dan penelitian terapan. Sering dihadapi adanya kesenjangan antara hasil-hasil penelitian dasar yang bersifat teoretis dengan penelitian terapan yang bersifat praktis. Kesenjangan ini dapat dihilangkan atau disambungkan dengan penelitian dan pengembangan.
Dalam pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), ada beberapa metode yang digunakan yaitu, metode deskriptif, evaluatif, dan eksperimental.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Cet. VI, Remaja Rosdakarya: Bandung, 2010), h. 164-166
Penelitian dan Pengembangan (Research and Development; R&D) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), merupakan metode penghubung atau pemutus kesenjangan antara penelitian dasar dan penelitian terapan. Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk ...



Advertisement

No comments:

Post a Comment