.

Metode Kisah dalam Pembelajaran

 

Metode kisah merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk anak-anak. Sebagai suatu metode bercerita mengundang perhatian anak terhadap pendidik sesauai dengan tema pembelajaran. Bila isi cerita dikaitkan dengan dunia kehidupan anak di Sekolah Dasar, maka mereka dapat memahami isi cerita itu, mereka akan mendengarkannya dengan penuh perhatian, dan dengan mudah dapat menangkap isi cerita (Moeslichatoen R, 2004: 157).
Menurut Abuddin Nata: “Metode kisah adalah suatu metode yang mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan anak. Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita yang pengaruhnya besar terhadap perasaan.Oleh karenanya dijadikan sebagai salah satu teknik pendidikan” (Abuddin Nata, 2001: 97).
Dunia kehidupan anak-anak itu dapat berkaitan dengan lingkungan keluarga, sekolah, dan luar sekolah. Kegiatan bercerita harus diusahakan menjadi pengalaman bagi anak di kelas pemula Sekolah Dasar yang bersifat unik dan menarik yang menggetarkan perasaan anak dan memotivasi anak untuk mengikuti cerita sampai tuntas.
Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan metode kisah adalah menuturkan atau menyampaikan cerita secara lisan kepada anak didik sehingga dengan cerita tersebut dapat disampaikan pesan-pesan yang baik. Dengan adanya proses belajar mengajar, maka metode kisah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pesan atau materi pelajaran yang disesuaikan dengan kondisi anak didik.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber (innote)
Metode Kisah dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Metode kisah adalah suatu metode yang mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan anak. Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita yang pengaruhnya besar terhadap perasaan.Oleh karenanya dijadikan sebagai salah satu teknik pendidikan” (Abuddin Nata, 2001: 97). Metode kisah merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk anak-anak. Sebagai suatu metode bercerita mengundang perhatian anak te...



Advertisement

No comments:

Post a Comment