.

Mengenal Kitab al-Muwāfaqāt

 

Kitab al-Muwāfaqāt berjudul lengkap الموافقات فى أصول الشريعة . Penulis tidak menemukan keterangan secara rinci mengenai latar belakang al-Syātibī menamakan karyanya dengan judul tersebut, namun dari segi maknanya al-Muwāfaqāt yang berakar kata dari waffaqa, yuwaffiqu, muwāfiqu dapat mengandung beberapa arti, yakni ; kemufakatan, ke-sepakatan, dan atau persetujuan bersama berdasarkan hasil pemikiran. Sedangkan, kata “فى أصول الشريعة” sebagai sub (lanjutan) judul yang diarti-kan sebagai “asas syariat”, mengandung makna “dasar-dasar hukum atau fikih Islam”.
Dengan batasan pengertian-pengertian ini, mengindikasikan bahwa al-Muwāfaqāt fī Ushūl al-Syarī’ah dapat diterminologikan sebagai kitab yang di dalamnya berisi pendapat-pendapat berdasarkan hasil ijtihad, kemudian dapat dijadikan sebagai pegangan dasar dalam mengamalkan ajaran Islam.
Kitab al-Muwāfaqāt terdiri atas empat jilid, dan dengan melihat susunan daftar isinya (فهرس الكتاب) akan melahirkan persepsi bahwa pem-bahasannya mencakup tentang kaidah-kaidah ushul fikih dan hukum-hukum Islam, serta yang paling banyak dibicarakan adalah tentang maslahāh (kemaslahatan) hidup.
Upaya yang dilakukan adalah menjadi al-Quran dan hadis sebagai patron utama. Namun sekiranya pada keduanya tidak ditemukan nash yang qat’iy, maka upaya yang dilakukan adalah merujuk pada al-ijmā’ dan al-qiyās. Dari sini dapat diketahui bahwa sumber utama al-Syātibī, terutama dalam melakukan ijtihad adalah terstuktur mulai dari Alquran, al-Sunnah (hadis), ijmā’ dan qiyas.
Kepustakaan:
Louis Ma’luf, al-Munjid fī al-Lugha, Bairūt: Dār al-Masyriq, 1977. Sa’ud ‘Ali Durayb, al-Tanzīm al-Qadh’iy fī al-Mamlakāt al-A’arbiyah, Riyād: Matba’ah Hanifah, 1973. ‘Abdullah Darrās, Muqaddimah al-Muwaffaqāt, juz I, Bairūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiah, 1424 H. Al-Syātibī, al-Muwaffaqāt, juz I, Bairūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiah, 1424 H.
Mengenal Kitab al-Muwāfaqāt 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dengan batasan pengertian-pengertian ini, mengindikasikan bahwa al-Muwāfaqāt fī Ushūl al-Syarī’ah dapat diterminologikan sebagai kitab yang di dalamnya berisi pendapat-pendapat berdasarkan hasil ijtihad, Kitab al-Muwāfaqāt berjudul lengkap الموافقات فى أصول الشريعة . Penulis tidak menemukan keterangan secara rinci mengenai latar belakang al-...


Advertisement
Post a Comment