.

Mengenal Metode Drill

 

Penggunaan istilah drill (latihan siap) di maksudkan agar pengetahuan dan kecakapan tertentu menjadi milik siswa dan dapat dikuasai sepenuhnya. Adapun metode drill itu sendiri memuat beberapa pendapat memiliki arti sebagai berikut:

  1. Suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari.
  2. Suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan jalan melatih anak-anak terhadap bahan pelajaran yang sudah di berikan.
  3. Suatu kegiatan dalam melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan supaya menjadi permanen.
  4. Suatu rencana menyeluruh tentang penyajian materi secara sistematis dan berdasarkan pendekatan yang ditentukan dengan cara latihan agar pengetahuan dan kecakapan tertentu dapat dimiliki dan dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik.
Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode drill adalah suatu cara menyajikan bahan pengajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai pelajaran dan terampil. Dari segi pelaksanaannya siswa terlebih dahulu telah dibekali dengan pengetahuan secara teori secukupnya, kemudian dengan tetap dibimbing oleh guru siswa disuruh mempraktekkan sehingga menjadi mahir dan terampil.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Roestiyah N K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Bina Aksara, 1985). Pasaribu, U dan B. Simanjuntak Didaktik dan Metodik, (Bandung: Tarsito, 1986). Roestiyah N K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Bina Aksara, 1985). Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Study Kompetensi Guru, (Bandung: PT. Rosda Karya, 2006).
Mengenal Metode Drill 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Suatu kegiatan dalam melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan supaya menjadi permanen Penggunaan istilah drill (latihan siap) di maksudkan agar pengetahuan dan kecakapan tertentu menjadi milik siswa dan dapat dikuasai sepenuh...


Advertisement
Post a Comment