.

Kelemahan Wikipedia; Refleksi "Kebenaran Bukan Kesepakatan"

 

Sadar atau tidak sadar, kehadiran dunia maya telah memanjakan sebagian banyak orang. Untuk urusan mencari data, video atau satu halaman tulisan tidaklah susah. Banyak sekali laman penyedia baik yang gratisan maupun yang berbayar, resmi maupun tidak resmi. Sumber data yang hampir pengguna maya mengenalnya adalah Wikipedia. Siapa yang tak kenal Wikipedia penyedia arti kata, definisi maupun pengertian, beserta hal-hal yang terkait dari apa yang anda cari. Tapi sebesar apapun Wikipedia ternyata formulasi yang diterapkan dalam sistem penentuan kebenarannya dinilai sangat liberal.
Sebagai ensiklopedia publik, siapa saja bisa mengedit, menambahkan atau mengurangi data-data yang ada di sana. Anda tinggal register, atau login saja kemudian mengikuti aturan yang diterapkan. Berarti pengguna Wikipedia tergirng kepada kesadaran akan sebuah informasi, dan diyakini sebagai kebenaran. Padahal belum tentu semua sepakat, atau kesepakatan adalah kebenaran. Bisa saja ada pengguna Wikipedia yang mengetahui suatu data/informasi salah, tetapi karena tidak punya waktu, mungkin malas, atau mungkin tidak tahu menggunakan “alat-alat” Wikipedia, atau dia tahu hal itu salah, tapi tidak punya daya untuk mengubahnya, ia membiarkannya begitu saja.
Dari sinilah munculnya istilah Wikitruth yaitu kebenaran berdasarkan kesepakatan bersama, bukan berdasarkan fakta !. Jika/ andai semua kontributornya kredible, ahlinya, maka tidak jasi masalah.namun tidak menutup kemungkinan kontributornya dipertanyakan. Bisa saja ada banyak account palsu atau anonim di Wikipedia, besar kemungkinan Wikipedia bisa memferifikasi seluruh kontributor Wikipedia. Inilah salah satu kelemahan Wikipedia. Besar sekali kemungkinannya ada suatu informasi yang direkayasa untuk kepentingan orang-orang tertentu, untuk kepentingan politik atau bisnis.
Kasus tentang kelemahan itu yang paling menonjol adalah kasus Ryan Jordan pada tahun 2007. Pemuda berusia 24 tahun dari Kentucky USA, dimana ia mengaku sebagai Profesor Agama dari universitas swasta. Ryan telah memodifikasi sekitar 20 ribu artikel keagamaan. Saat kasus ini terungkap, diketahui bahwa Ryan merupakan pemuda biasa, yang tidak memiliki pendidikan tinggi dan kualifikasi dalam bidang keagamaan (sumber).
Admin tidak bermaksud melarang dan atau menjelekan Wikipedia sebagai informasi kebutuhan anda, selain karena akun ini menginformasikan pengetahuan sepeti dan atau mirip Wikipedia. Karena cukup banyak informasi yang bermanfaat di dalamnya (Wikipedia), namun tak salah jika sekedar memberikan pemulihaan ingatan untuk lebih waspada. 
Info ilmiah ini, bukan untuk menjelakkan wikipedia, dari sisi positifnya kehadiran wikipedia sangat besar. Tapi sebaik-baik manusia adalah yang berusaha mengurangi hal negati dari hidupnya. Cara sederhana untuk terhindar dari informasi wikipedia yang menyesatkan, yaitu memikirkan/ melogikakan informasi tersebut, apalagi kalau informasi itu debatebel, kemudian membandingkannya dari sumber-sumber informasi lain, misalnya dari website resmi/kredibel, orang-orang yang ahli di bidangnya, atau dari buku-buku.
Referensi Makalah®
*info dan refleksi
Kelemahan Wikipedia; Refleksi "Kebenaran Bukan Kesepakatan" 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Admin tidak bermaksud melarang dan atau menjelekan Wikipedia sebagai informasi kebutuhan anda, selain karena akun ini menginformasikan pengetahuan sepeti dan atau mirip Wikipedia. Sadar atau tidak sadar, kehadiran dunia maya telah memanjakan sebagian banyak orang. Untuk urusan mencari data, video atau satu halaman tul...


Advertisement
Post a Comment