Skip to main content

Pengertian Istifham dalam Ilmu Tafsir

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: February 01, 2012

Kata Istifham berasal dari kata- فهما فهم – يفهم yang bererti pengetahuan terhadap sesuatu dengan menggunakan hati, Imam Sibawaihi menambahkan yaitu sesuatu pengatahuan dengan menggunakan hati dan akal,
Kemudian ia berubah menjadi fi’il al-Mazid (kata kerja yang ketambahan huruf dari huruf aslinya) dengan ketambahan tiga huruf pada awal katanya yaitu ا س ت (al-sudasi) yang mempunyai arti al-talab (permintaan), jadi istifham menurut bahasa adalah meminta pengetahuan.
Adapun pengertian istifham menurut istilah, menurut al-Zarkasyi adalah mencari pemahaman tentang suatu hal yang tidak diketahui. sedangkan menurut al-Suyuti, istifham dengan berbagai maknanya, memiliki suatu maksud pokok yaitu mencari pemahaman tentang suatu hal.
Makalah tentang al-istifham, dapat anda dowload free. Silahkan klik di sini
Kepustakaan:
Ibn Manzur, Lisan al-arab, Bairut: Dar ihya al-Turas al-‘Arabi, 1999. Al-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulum al-Qur’an, Kairo: Dar al-Turasy, 1984. Jalal al-Din al-Suyuti, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’anIBeirut: Dar al- Fikr, t.th
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar