.

Pengertian Asbab al-Nuzul (asbabunnuzul)

 

Kata asbāb al-nuzūl berasal dari dua kata, yaitu أسباب dan النزول. Menurut al-Munawwir, kata أسباب adalah bentuk plural dari kata السبب yang berarti sebab, alasan, dan illat. Sedangkan kata النزول berasal dari kata نزل yang berarti turun. Jadi, definisi asbāb al-nuzūl dari segi etimologis berarti sebab atau alasan turunnya ayat-ayat al-Quran.
Adapun dari segi terminologis, Suhbhi al-Shalih mendefinisikan asbāb al-nuzūl sebagai sesuatu yang dengan sebabnya, turun satu atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban terhadap sebab itu, atau menerangkan hukumnya pada masa terjadinya sebab tersebut. Sementara itu, Muhammad ‘Ali al-Shobuni memaparkan definisi asbāb al-nuzūl dalam dua bentuk, yaitu:
Suatu kejadian atau peristiwa yang kemudian menyebabkan turun satu ayat atau beberapa ayat Alquran mengenai peristiwa itu.
Ada kalanya timbulnya pertanyaan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad dengan maksud untuk mengetahui hukumnya atau penafsirannya tentang masalah-masalah keagamaan, maka turunlah ayat untuk menerangkan maksudnya.
Menurut M. Hasbi al-Shiddieqy, asbāb al-nuzūl ialah sesuatu yang dengan sebabnyalah turun suatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban tentang sebab itu, atau menerangkan hukumnya, pada masa terjadinya peristiwa itu.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ahmad Warson Munawwir, Kamus al-Munawwir Yogyakarta: Pondok Pesantren al-Munawwir, 1984. Suhbhi al-Shalih, Mabahits fi 'Ulum al-Qur'an Baerut: Dar al-'Ilm li al-Malayin, 1977. Muhammad ‘Ali al-Shabuni, al-Tibyan fiy Ulum al-Qur'an, diterjemahkan oleh Muhammad Qadirun Nur, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, Jakarta: Pustaka Amani, 1988. M. Hasbi al-Shiddieqy,
Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Jakarta; Bulan Bintang, 1988.
Pengertian Asbab al-Nuzul (asbabunnuzul) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Suhbhi al-Shalih mendefinisikan asbāb al-nuzūl sebagai sesuatu yang dengan sebabnya, turun satu atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban terhadap sebab itu, atau menerangkan hukumnya pada masa Kata asbāb al-nuzūl berasal dari dua kata, yaitu أسباب dan النزول. Menurut al-Munawwir, kata أسباب adalah bentuk plural dari kata السبب yan...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

1 comment:

  1. terimakasih sharenya, sangat bermanfaat. menginspirasi saya untuk ikut menghidupkan al Qur’an di dunia maya. gaya berbagi saya sedikit berbeda, saya berbagi hadits yang memiliki korelasi dg Qur’an. ini contohnya http://asbabunnuzulquran.blogspot.com/2014/06/asbabunnuzul-qs-nisaa4126.html
    yang ini daftar tulisan yang telah dibuat http://asbabunnuzulquran.blogspot.com/p/daftar-isi.html

    ReplyDelete