Skip to main content

Bahan Makalah; Ilmu al-Bayan

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: February 18, 2012

Ilmu bayan adalah menghadirkan satu makna lewat cara yang berbeda-beda dengan makna yang jelas terhadap obyek yang dituju, hal itu dapat dijelaskan dalam tasybih, hakikat dan majaz, serta kinayah.
Tasybih
Tasybih secara etimologi adalah mempersamakan, sedangkan menurut terminologi yaitu penjelasan yang mempersamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki keserupaan sifat, dengan menggunakan huruf-huruf tertentu, kekuatan sifat yang satu lebih kuat dari yang lain.
Ada empat hal yang menjadi rukun tasybih yaitu musyabbahah, yaitu sesuatu yang hendak diserupakan. Musyabbah bih, yaitu sesuatu yang diserupai.Adat Tasybih, yaitu huruf/kata yang menyatakan penyerupaan. Wajhu Syabah, yaitu sifat yang terdapat pada kedua pihak (musyabbah dan musyabbah bih). Contoh tasybih dalam QS.al-Rahman (55): 56-58
Hakikat dan Majas
Hakikat adalah makna yang sebenarnya, sedangkan majas adalah makna yang bukan sebenarnya.
Lafaz yang digunakan dalam makna yang bukan seharusnya karena adanya hubungan disertai karinah yang menghalangi pemberian makna hakiki disebut majas lughawi, dan salah satu bagian dari majas lughawi adalah isti'arah.
Isti'arah adalah satu bagian dari majaz lughawi. Ia adalah tasybih yang dibuang salah satu tharafnya. Oleh karena itu, hubungan antara makna hakiki dengan makna majazi adalah musyabbahah selamanya.
Penyerupaan dalam tasybih menggunakan gambaran yang berbeda dengan jenis yang ingin digambarkan, maka pada isti'arah digunakan gambaran yang jenisnya sama. Contoh isti'arah QS. Ibrahim (14): 1
Kinayah
Kinayah adalah meninggalkan lafaz yang jelas dan menggunakan lafaz lain yang pengertiannya sama dengan lafaz yang ditinggalkan.6 Contoh kinayah dalam Qs. al-Maidah (5): 6
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ibrahim Shalah al- Hud-hud, al-Bayan fi Nuril Qur'an (Cet.I; Kairo: Universitas al-Azhar, 1996).Ahmad al-Khaus, Qisshat al-Balaghah (Cet.I; Damaskus: al-Maktabah al-Ilmiyyah, 1992).Ali al-Jarim dan Mustafa Amin, Al-Balaghah al-Wadihah (Cet.XII; Mesir: Dar al-Ma'arif, 1957).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar