Skip to main content

Makna dari Huruf Jarr

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: February 22, 2012

Masing-masing huruf dari huruf jarr mengandung makna yang banyakdan berbeda. Makna-makna tersebut antara lain :
Huruf الباء , huruf jarr ini mempunyai 13 macam arti. Makna yang paling umum menujuk kepada arti “dengan” yang terkenal dengan istilah للالصاق. Disamping makna tersebut, kata juga dapat digunakan untuk : 1) menujuk kepada makna “alat yang digunakan”, 2) menunjuk kepada makna السببية dan التعليل yang berarti “karena atau sebab”, 3) menyertai kata kerja tertentu untuk memperjelas pengertian seperti pada kata قام ب dan ذهب ب, 4) menunjuk kepada pengertian “sumpah”; 5) menunjuk kepada arti penggantian suatu barang dengan yang lain; 6) menunjuk kepada makna فى yang berarti “pada atau di”; 7) menunjuk kepada makna مع yang berarti “bersama atau berserta”; 8) menunjuk kepada arti ”sebagian” ; 9) menunjuk kepada arti عن yang berarti “tentang”; 10) menunjuk kepada makna على yang berarti “atas”; dan 11) menegaskan makna yang menyertainya التاكيد.
Kata فى arti asalnya ialah “pada”, ”di”, ”dalam”, atau “di dalam” yang menyatakan dalam tempat atau waktu terjadinya suatu pekerjaan atau peristiwa. Kata ini juga mengandung makna-makna lain yang digunakan untuk : 1) menyatakan makna “sebab” atau “akibat”, 2) menunjuk kepada makna مع yang berarti “bersama” atau “beserta”; 3) menunjuk kepada makna على berarti “atas”; 4) menyatakan makna المقايسة yang berarti “perbandingan” di antara dua persoalan; 5) menunjuk kepada makna الباء yang berarti “dengan”; 6) menunjuk kepada makna الى yang berarti “kepada”.
Kata الكاف mengandung 4 makna, di antara maknanya yang paling populer ialah yang menujukkan kepada kepada arti “seperti” atau “bagaikan”. Selain itu, kata ini juga digunakan untuk : 1) menunjuk kepada makna التعليل yang berarti “sebab” atau “karena”; 2) menunjuk kepada makna على yang berarti “atas”; 3) menegaskan makna suatu kata dan dalam keadaan demikian ia berfungsi sebagai tambahan saja.
Kata رب hanya digunakan untuk menunjuk kepada makna للتقليل dan للتكثير yang berarti “kadang kala yang berkonotasi sedikit atau banyak”. Kata حتى digunakan untuk menujuk kepada pengertian “sampai”. Ada beberapa keunikan dalam pengggunaan kata رب. Diantaranya ialah bahwa kata رب seringkali dihubungkan kata ما yang terdapat sesudahnya, terutama apabila kata yang terletak sesudahnya adalah kata kerja. Kedua adalah kata kata benda yang terdapat sesudahnya selalu dalam bentuk nakirah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ahmad Thib Raya, Huruf al-Jarr dalam Al-Qur’an (Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bahasa Arab, Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin, 1999), h. 15-17).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar