.

I'rab Huruf Jarr dari Sisi Penggunaan

 

Huruf jarr dari sisi penggunaan terdiri atas 3 macam yaitu :
Huruf jarr asli yaitu huruf yang memerlukan sandaran, maka diperlukan dan juga i’robnya. Contoh : كتبت بالقلم (Aku menulis dengan pulpen)
Huruf jarr tambahan yaitu huruf jarr yang dalam segi i’robnya tidak diperlukan, tidak memerlukan sandaran dan maknanya. Sebab keadaannya hanya untuk mengukuhkan kandungan kalimat. Huruf jarr yang selalu menjadi za’idah : Contoh : ماجاء نا من احد (Tidak datang pada kami seorang pun)
Huruf jarr menyerupai tambahan yaitu huruf jarr yang lafazh dan maknanya tidak mungkin diperlukan dan tidak memerlukan kepada sandara. Yang termasuk dalam kategori ini ada lima macam huruf yaitu : رب, خلا, عدا, حاشا, لعل Contoh : رب غني اليوم فقير غدا (Banyak sekali orang kaya di hari ini, miskin di hari esok).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Mustafga al-Gulayaeni, Jami’ al-Duruws al-arabiyah (Semaang : al-Syifa, 1991).
I'rab Huruf Jarr dari Sisi Penggunaan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Huruf jarr tambahan yaitu huruf jarr yang dalam segi i’robnya tidak diperlukan, tidak memerlukan sandaran dan maknanya. Sebab keadaannya hanya untuk mengukuhkan kandungan kalimat. Huruf jarr yang selalu menjadi za’idah Huruf jarr dari sisi penggunaan terdiri atas 3 macam yaitu : Huruf jarr asli yaitu huruf yang memerlukan sandaran, maka diperlukan dan ...


Advertisement
Post a Comment