.

Referensi Makalah; Faidah Amtsal al-Quran

 

Manna Khalil al-Qaththan menyebutkan 8 faedah amtsal. Dengan didukung ayat-ayat yang terkait faedah tersebut, antara lain:

  1. Menonjolkan sesuatu ma’qul (yang hanya dijangkau akal, abstrak) dalam bentuk konkrit yang dapat dirasakan indra manusia, sehingga akal mudah menerimanya; sebab pengertian-pengertian abstrak tidak akan tertanam dalam benak kecuali jika dituangkan dalam bentuk indrawi yang dekat dengan pemahaman. Misalnya Allah membuat masal bagi keadaan orang yang menafkahkan harta dengan riya’dimana ia tidak akan mendapatkan pahala sedikitpun dari perbuatannya itu.
  2. Menyingkapkan hakikat-hakikat dan mengemukakan sesuatu yang tidak tampak seakan-akan sesuatu yang tampak. Firman Allah QS. Al-Baqarah (2): 275 yang artinya: Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila....
  3. Mengumpulkan makna yang menarik lagi indah dalam ungkapan yang padat, seperti amtsal kaminah dan amtsal mursalah dalam ayat-ayat diatas.
  4. Mendorong orang diberi matsal untuk berbuat sesuai dengan isi matsal, jika ia merupakan sesuatu yang disenangi jiwa. Misalnya Allah membuat matsal bagi keadaan orang yang menafkahkan harta di jalan Allah, di mana hal itu akan memberikan kepadanya kebaikan yang banyak.
  5. Menjauhkan (tanfir, kebalikan No. 4) jika isi matsal berupa sesuatu yang dibenci jiwa. Misalnya firman Allah QS al-Hujurat (49): 12 tentang larangan bergunjing.
  6. Untuk menguji orang yang diberi matsal. Seperti firman Allah QS. Al-Fath (48): 29 tentang para sahabat.
  7. Untuk menggambarkan (dengan matsal itu) sesuatu yang mempunyai sifat yang dipandang buruk oleh orang banyak. Misalnya matsal tentang keadaan orang yang dikaruniai kitabullah tetapi ia tersesat jalan hingga tidak mengamalkannya. Seperti pada Firman Allah QS. Al-A’raf (7): 175
  8. Amtsal lebih berpengaruh kepada jiwa, lebih efektif dalam memberikan nasehat, lebih kuat dalam memberi peringatan, dan lebih dapat memuaskan hati. Allah banyak menyebut amtsal di dalam al-Quran untuk peringatan dan pelajaran. Seperti pada firman AllahQS. Al-Zumar (39): 27.
Dari faedah-faedah matsal diatas, jelas bahwa al-Quran memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada manusia bilamana manusia mampu memikirkan perumpamaan-perumpamaan yang terkandung dalam al-Quran.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abdu al-Rahman Jalaluddin al-Suyuti, al-Itqan fi Ulum al-qur’an Juz II. Abd. Rahman al-Suhayli, al-Rawdh al-Unuf (Dar al-Kutub al-Haditsah, t.th).
Referensi Makalah; Faidah Amtsal al-Quran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Menyingkapkan hakikat-hakikat dan mengemukakan sesuatu yang tidak tampak seakan-akan sesuatu yang tampak. Firman Allah QS. Al-Baqarah (2): Manna Khalil al-Qaththan menyebutkan 8 faedah amtsal . Dengan didukung ayat-ayat yang terkait faedah tersebut, antara lain: Menonjolka...



Advertisement

No comments:

Post a Comment