.

Pengertian Reliabilitas

 

Reliabilitas data disebut juga tingkat ketetapan (konsistensi), yaitu kemampuan instrumen penelitian untuk mengumpulkan data secara tetap dari setiap instrumen.
Instrumen dinyatakan reliable jika mampu mengukur dan menghasilkan data yang sama pada informan yang sama dalam waktu yang berbeda. Jadi, dapat dikatakan bahwa reliabilitas adalah kemampuan instrumen menyajikan data yang tetap, meskipun digunakan dalam waktu yang saling berjauhan dengan penelitian pertama. Misalnya ketika mengukur kayu, didapati nilai satu meter, dan ketika diukur kembali dengan menggunakan alat pengukur yang sama pada waktu yang berbeda, tetap menghasilkan nilai satu meter, maka alat pengukur tersebut dinyatakan mempunyai tingkat reliabilitas yang tinggi.
Hanya saja pada penelitian sosial, tingkat ketelitian alat pengukur tidak dapat dimaksimalkan, karena pengendalian kondisi sosial tidak dapat dilakukan sempurna. Hal ini terjadi karena beberapa hal:
  1. Pengukuran ulang akan menimbulkan reaksi yang kurang senang dari orang yang akan dijadikan obyek pengukuran;
  2. Efek praktis turut mempengaruhi skor;
  3. Gejala yang akan diukur mungkin telah berubah;
  4. Kesulitan menyamakan pengukuran yang kedua dengan yang pertama;
  5. Terjadi fluktuasi administrasi pengukuran.
Meskipun demikian, untuk meneliti reliabilitas pengukuran instrumen penelitian dimaksudkan untuk mencari ada tidaknya hubungan (ketepatan hasil) antara penelitian pertama dengan penelitian kedua. Jika hal ini terpenuhi, maka instrumen dinyatakan reliable atau mempunyai tingkat kehandalan yang tinggi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Daniel J. Mueller, Measuring Social Attitudes: a Handbook for Researchers and Practitioner, diterjemahkan oleh Eddy Suwardi Kartawijaya dengan judul Mengukur Sikap Sosial: Pegangan untuk Peneliti dan Praktisi, Jakarta: Bumi Aksara, 1996. Hadari Nawawi dan Martini Hadari, Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.
Pengertian Reliabilitas 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Instrumen dinyatakan reliable jika mampu mengukur dan menghasilkan data yang sama pada informan yang sama dalam waktu yang berbeda. Jadi, Reliabilitas data disebut juga tingkat ketetapan (konsistensi), yaitu kemampuan instrumen penelitian untuk mengumpulkan data secara tetap ...



Advertisement

No comments:

Post a Comment