.

Pemikiran Al-Qabisi tentang Pendidikan Dasar

 

Seorang ahli berasal dari maghribi adalah Abu Hasan Al-Qabisi (w.403/1012M), menghimpun sebuah buku yang berorientasi pendidikan dengan metode khusus yang berkembang pada masanya. Dalam karyanya yang berjudul "Al-Risalah li Ahwal al-Muta'alimin wa Ahkami Mu'alimin wa al-Muta'alimin".
Dalam buku tersebut al-Qabisi menguraikan pendapatnya tentang metode pengajaran bagi para pengajar yang mengandung ketentuan khusus atas pekerjaan dalam batasan yang disesuaikan dan seterusnya, terurai pendapatnya yang berharga dan pemanfaatannya.
Al-Qabisi berpendapat bahwa mempelajari al-Quran dan mengajarkannya merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar dan bagian yang harus dimulai dari setiap proses pendidikan anak.
Menurut al-Qabisi mendidik anak adalah kewajiban agama. Kewajiban mendidik anak merupakan proses awal sebagai peningkatan kualitas umat. Tanpa melalui proses awal itu, sangat tidak mungkin upaya peningkatan kwalitas bisa terwujud. Karena pada dasarnya anak adalah mahluk yang sedang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan.
Abu Al-Hasan menanggapi pendapat al-Qabisi dalam sebuah karyannya itu, dengan isyarat isyarat untuk mengajarkan al-Quran yang merupakan sebagian dari urusan agama guna membantu merefleksikan agama itu, juga dapat memantapkan keimanan dalam jiwa.
Pada dasarnya pendapat tersebut menopang karyanya dengan pengetahuan Islam yang luas salah satunya tentang sejarah peradaban Arab. Hal ini lah yang menjadi sandaran penulisan bukunya terhadap realita keutamaan dalam mempelajari al-Quran dan mengajarkannya.
Disamping terdapat keutamaan dalam mempelajari dan membaca al-Qur'an, Al-Qabisi berpendapat keutamaan belajar dan mengajarkan serta pembahasan al-Quran itu untuk lebih mengetahui posisinya secara peribadi dalam tingkatannya. Bagi orang yang sholeh adalah dalam akhlaknya yang dikatakan mulia, yakni dalam membaca al-Quran dengan kontinue serta dapat mengerti apa agama (Islam) itu.
Dalam konteks ini perlu dijelaskan terlebih dahulu bahwa pendidikan yang dijalankan Al-Qabisi adalah pendidikan tingkat dasar yang berlangsung di Kuttab.
Oleh karenanya konsep pendidikan yang ditawarkannya pun lebih banyak relevansinya dengan proses pendidikan pada anak. Hal ini bisa dilihat dari konsepnya tentang kewajiban mcndidik anak.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Pemikiran Al-Qabisi tentang Pendidikan Dasar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pada dasarnya pendapat tersebut menopang karyanya dengan pengetahuan Islam yang luas salah satunya tentang sejarah peradaban Arab. Hal ini lah yang menjadi sandaran penulisan bukunya terhadap realita keutamaan dalam mempelajari al-Qur'an dan mengajarkannya. Seorang ahli berasal dari maghribi adalah Abu Hasan Al-Qabisi (w.403/1012M), menghimpun sebuah buku yang berorientasi pendidikan dengan me...



Advertisement

No comments:

Post a Comment