.

Macam-macam Dzaraf (Maf'ul Fih)

 

Sebagaimana telah disebutkan dalam pengertian maf’ul fih disebut juga dengan dzaraf, maka maf’ul fih atau dzaraf ini terbagi kepada dua macam yiatu:
1. Dzaraf zaman
Dzaraf zaman adalah :
ظرف الزمان هو اسم الزمان المنصوب بتقدير “في" نحو اليوم والليلة وغدوة وبكرة وسحرا وغدا وصباحا ومساء وابد ا وحينا وما اشبه ذالك
Artinya : dzaraf Zaman adalah isim zaman yang dinisbahkan dengan ditakdirkannya makna “fii” (في), misalnya lafadz, اليوم (pada hari ini), الليلة (pada malam ini), dan seterusnya serta lafadz-lafadz lain, yang sama seperti غدا, صباحا, مساء, سحرا, بكرة dan lain-lain sebagianya.
Sedangkan menurut Mustafa al-Ghulayaini dalam kitabnya Jami’ al-Durus al-Arabiyah mengemukakan pengertian tentang dzaraf zaman adalah sebagai berikut:
فظرف الزمان : مايدل علي وقت وقع فيه الحديث
Artinya: dzaraf zaman ialah isim yang menunjukkan makna masa di mana suatu perbuatan terjadi di dalamnya. Misalnya : سا فرت ليلا (aku pergi pada malam hari).
2. Dzaraf Makan
Dzaraf makan adalah:
ظرف الزمان هو اسم الزمان المنصوب ببتقدير “في" نحو امام, خلف , قدام, وراء, فوق, تحت, عند, مع, ازاء, حذاء, تلقاء, هنا وثم اشبه ذالك
Artinya: dzaraf makan ialah isim makan yang dinashabkan dengan ditakdirkan makna ‘fii’ (في), misalnya lafadz: امام (di depan), خلف (di belakang), قدام (di depan) dan seterusnya.
Sementara pengertian senada dikemukakan oleh Muatafa al-Gulayaini bahwa dzaraf makan (ظرف المكان) adalah :
ما دل علي مكان وقع فيه الحدث
Artinya: dzaraf makan adalah isim yang menunjukkan makna tempat di mana suatu perbuatan terjadi di dalamnya, contoh : وقفت تحت علم العلم , نمت علي السرير , جلست علي الكرسي , dan lain-lain.
Selanjutnya dari kedua dzaraf tersebut (dzaraf zaman dan dzaraf makan), adakalanya mubham مبهم atau mahdud محدود, dan adakalanya dzaraf itu mutasharrif متصرف)dan ghair mutasharrif غير متصرف
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Macam-macam Dzaraf (Maf'ul Fih) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sedangkan menurut Mustafa al-Ghulayaini dalam kitabnya Jami’ al-Durus al-Arabiyah mengemukakan pengertian tentang dzaraf zaman adalah sebagai berikut: Sebagaimana telah disebutkan dalam pengertian maf’ul fih disebut juga dengan dzaraf, maka maf’ul fih atau dzaraf ini terbagi kepada dua...


Advertisement
Post a Comment