.

Pengertian Maqasid al-Syariah

 

Maqasid al-Syari'ah terdiri dari dua kata yakni مقا صد dan الشر يعة. Maqasid adalah jamak dari yang berasal dari fiil قصد yang berarti mendatangkan sesuatu, juga berarti tuntutan, kesengajaan dan tujuan. Syari'ahmenurut bahasa berarti jalan menuju sumber air yang dapat pula diartikan sebagai jalan ke arah sumber pokok keadilan.
Menurut defenisi yang diberikan oleh para ahli, syariat adalah segala kitab Allah yang berhubungan dengan tindak-tanduk manusia di luar yang mengenai akhlak yang diatur sendiri. Dengan demikian, syariat itu adalah nama bagi hukum-hukum yang bersifat amaliyah.
Ulama ushul fiqh mendefenisikan Maqasid al-Syari'ah dengan makna dan tujuan yang dikehendaki dalam mensyariatkan suatu hukum bagi kemaslahatan umat manusia.Maqasid al-Syari'ah dikalangan ulama ushul fikih disebut juga dengan Asrar al-Syari'ah, yaitu rahasia-rahasia yang terdapat di balik hukum yang ditetapkan oleh syara’, berupa kemaslahatan bagi umat manusia baik di dunia maupun di akhirat. Misalnya, syara’ mewajibkan berbagai macam ibadah dengan tujuan untuk menegakkan agama Allah swt. disyariatkan hukum zina untuk memelihara kehormatan dan kuturunan dan disyari’atkan pencurian untuk memelihara harta seseorang, disyariatkan hukuman qisas untuk memelihara jiwa seseorang.
Maka dari itu, Maqasid al-Syari'ah dapat diartikan sebagai tujuan-tujuan yang hendak dicapai dari suatu penetapan hukum.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abdul Wahhab Khallaf, Kaidah-kaidah Hukum Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000). Ibnu Taimiyah, Al-Siyasah al-Syariyah fi islah al-Ra’i wa al-Ra’iyah, (Beirut: Dar al-Kutub al-Arabiyah, t.t). Faturrahman Djamil, Filsafat Hukum Islam, (Jakarta: Logos, 1997). Muchtar Yahya dan Fatchurrahman, Dasar-dasar Pembinaan Hukum, Fiqh Islam, (Bandung: Al Ma’arif, 1993). Alaiddin Koto, Ilmu fiqh dan Ushul Fiqh, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004).
Pengertian Maqasid al-Syariah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sepeninggal al-Baqilany kemudian muncullah al-Juwaeny, dalam beberapa karangannya beliau adalah orang yang pertama mengklasifikasikan maqasaid al-Syariah menjadi tiga kategori besar, yaitu: Daruriyah, Maqasid al-Syari'ah terdiri dari dua kata yakni مقا صد dan الشر يعة. Maqasid adalah jamak dari yang berasal dari fiil قصد yang berarti ...



3 comments: