.

Esensi Metode Rasionalistik

 

Ilmu yang dibangun berdasarkan rasionalistik menekankan pemaknaan empirik. Pada pemahaman intelektual menjadikan bagian terpenting sehingga kesimpulannya bukan hanya mejadikan analisis fragmatik, selain memperhatikan terbangunnya teori baru.
Menurut Blalock Ir. Bahwa model konstruksi dapat dikelompokkkan ke dalam dua bahagian yakni: 1) model kausan dan 2) model dinamik. Model ini mempunyai tiga model lagi yakni: 1) model tipologi, 2) model penusunan sebab 3) model penyusunan akibat.
Hasil proses penelitian makna dalam corak ini dapat memcerminkan corak ontologi yang empirik sensual logik dan etik. Epistemologik berpikiran lefrektif versthen dengan poa pikir divergensi, kreatif, inovatif dan lain-lain.
Dari pemaknaan ini menghasilkan pemaknaan ke dalam tiga tipe yakni:
  1. Pemahaman tejemahan yaitu penelitian yang sampai kepada kesimpulan statistik
  2. Pemahaman penafsiran, yaitu suatu makna yang diperoleh dari kesanggupan mencari makna yang tersirat, bukan hanya tersurat.
  3. Pemahaman displorasi, yaitu pemahaman yang bersifat ramalan berdasarkan acuan data yang ada. Pemaknaan displorasi merupakan kemampuan berpikir divergens, kreatif dan inovatif serta kontektual sekalugus antisipatif dan mampu membijakkan diri berkerak kepada yang etik.
Dari beberapa hasil pada corak ini akan memberikan suatu gambaran tentang makna yang lebih baik dari hasil penelitian.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Esensi Metode Rasionalistik 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Menurut Blalock Ir. Bahwa model konstruksi dapat dikelompokkkan ke dalam dua bahagian yakni: 1) model kausan dan 2) model dinamik. Ilmu yang dibangun berdasarkan rasionalistik menekankan pemaknaan empirik. Pada pemahaman intelektual menjadikan bagian terpenting sehingga...


Advertisement
Post a Comment