.

Material Makalah; Teknik Analisis

 

Kata teknik mengandung makna sebagai pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu. Istilah teknik hampir semakna dengan istilah metode, yaitu cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud ilmu pengetahuan.
Metode yang diharapkan, tentunya metode yang mempunyai out put yang bermanfaat dan sistimatis dalam uraiannya, yang harus direalisasikan secara kongkrit. Karenanya, metode sebagai suatu cara kerja, harus dijabarkan sesuai dengan alat dan sifat alat. Sifat alat yang dimaksud, disebut dengan teknik. Dalam hal ini teknik berarti cara membuat atau melakukan sesuatu.
Meskipun makna teknik dan metode di atas hampir sama, namun ada pula titik perbedaan yang membedakannya, jika dikatakan metode tafsir maka ia merupakan kerangka atau kaidah yang digunakan dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an, sedangkan teknik adalah cara yang dipakai dalam rangka menerapkan kaidah yang telah tertuang dalam metode tersebut.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa metode lebih luas cakupannya karena ia merupakan sebuah proses dalam mencapai suatu tujuan sedangkan teknik lebih bersifat operasional dan aplikasi dari sebuah proses, sehingga teknik merupakan bagian dari metode itu sendiri.
Kata “analisis” berasal dari bahasa Inggris analysis, yang berarti analisa, pemisahan atau pemeriksaan yang teliti. Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia, analisis berarti menguraikan suatu pokok atas berbagai bagiannya, dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antara bagian-bagian untuk memperoleh pengetahuan yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan. Misalnya analisis data: menelaah atau mengurai data hingga diambil suatu kesimpulan.
Jadi, jika digabung kedua kata tersebut, maka yang dimaksud dengan teknik analisis adalah sistem (cara kerja) dengan menelaah serta mencermati bagian-bagian dari suatu pokok persoalan atau menelaah semua unsur dasar dari suatu pokok untuk memperoleh pemahaman dan kesimpulan. Jika teknik analisis dikaitkan dengan penafsiran al-Qur’an, maka merupakan suatu cara yang dilakukan dengan mengurai dan menelaah ayat-ayat al-Qur’an sehingga diperoleh suatu pemahaman dan kesimpulan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1984. Sudaryanto, Metode Linguistik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1988. Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al-Qur’an, Yogyakarta: Glagah UHIP, 1998. John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1993. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Material Makalah; Teknik Analisis 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa metode lebih luas cakupannya karena ia merupakan sebuah proses dalam mencapai suatu tujuan sedangkan teknik lebih bersifat operasional dan aplikasi dari sebuah proses, sehingga teknik merupakan bagian dari metode itu sendiri. Kata teknik mengandung makna sebagai pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu. Istilah teknik hampir semakna dengan istilah metode, yaitu...


Advertisement
Post a Comment