Skip to main content

Biografi Muammar Khaddafi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 05, 2011

Muammar Abu Al-Qaddafi atau Muammar Khaddafi, lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942. Dia adalah seorang Khaddafi yang hebat dalam angin gurun yang keras. Dilahirkan di tenda Badui, di padang pasir dekat kota Sirt, pada tahun 1942.

Khaddafi berasal dari suku kecil Berber-Arab, Khadafa. Tumbuh sebagai dunia Arab dalam kekacauan, Khaddafi dipengaruhi oleh konflik masa kecilnya. Dia juga menyerah pada kekacauan nasionalisme Arab, yang pemimpin Mesir Gammal Abdul Nasser berseru pada tahun 1952. 

Muammar Khaddafi menyelesaikan pendidikannya di sebuah sekolah lokal, Khaddafi yang lebih muda memiliki minat besar dalam sejarah. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Khaddafi terjun ke militer. Libya pada waktu itu, menjadi seorang prajurit adalah peluang emas untuk meningkatkan taraf hidup keluarga miskin. Itu sebabnya bergabung dengan militer adalah pilihan bagi kaum muda miskin seperti Khaddafi.

Pada 1961, Muammar Khaddafi memasuki akademi militer. Dia lulus lima tahun kemudian. Diakui sebagai prospek yang menjanjikan, Khaddafi terpilih untuk beberapa bulan pendidikan militer lanjutan di Akademi Militer Inggris, Sandhurst. Dia juga menerima pelatihan militer di Athena, Yunani.

Sebagai seorang perwira muda, Khaddafi merasa malu melihat negara-negara Arab, Mesir, Suriah, dan Yordania, kalah perang dengan Israel di tiga front pada tahun 1967. Dia marah, karena Raja Idris I dari Libya, hanya melihat rekan-rekan Arabnya mempermalukan Israel dalam Perang enam hari. 

Kesempatan itu tiba pada 1 September 1969. Pada saat itu, Raja Idris sedang dalam perjalanan ke Yunani untuk perawatan. Berita itu datang, karena sering sakit, Raja Idris akan dimakamkan. Muammar Khaddafi menyerahkan kekuasaan kepada keponakannya, yang adalah putra mahkota, Sayyid Hasan ar-Rida al-Mahdi as-Sanusi, atau Hasan as-Sanusi.

Tanggal pemindahan tahta dari Raja Idris ke Pangeran Hassan adalah pada 2 September 1969. Sehari sebelum ritual penyerahan diri, ketika Idris berada di luar negeri, Khaddafi sedang bergerak. Dia mengumumkan di radio bahwa Libya ada di tangan Dewan Revolusi yang akan menyelamatkan negara dari kekosongan kekuasaan.

Junta Militer dipimpin oleh Muammar Khaddafi dan menangkap kepala militer dan kepala keamanan, yang setia kepada Raja Idris. Raja terbuka. Dia tidak dapat kembali ke rumah sampai kematiannya di Mesir pada tahun 1983.

Kantor berita BBC menggambarkan bagaimana Khaddafi, seorang kolonel berusia 27 tahun, telah unggul dalam kudeta berdarah. "Kudeta itu hanya melemparkan beberapa peluru," tulis BBC. Nasib raja yang kalah, Hasan as-Sanusi lebih buruk. Dia adalah seorang tahanan rumah, dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada tahun 1971.

Hasan dan keluarganya diusir dari rumah mereka pada tahun 1984. Hasan harus terdampar di pantai sampai dia dilanda. Khaddafi mengizinkannya dirawat di London, Inggris. Hasan meninggal di sana juga. Dia dimakamkan di sebelah makam Raja Idris, di Madinah, Arab Saudi.

Setelah mengusir kekuatan lama, pada awal pemerintahannya, Muammar Khaddafi membuat perubahan besar. Pemerintah Libya dibubarkan. Dia kemudian membentuk Republik Sosialis Arab, dengan nama resmi Republik Sosialis Rakyat Libya, Arab Jamahiriya.

Bendera nasional diubah, dari kombinasi merah, hitam, dan hijau, dengan bintang dan bulan sabit di tengah, menjadi hijau polos. Muammar Khaddafi bahkan tidak menyatakan dirinya sebagai presiden atau raja. Dia menyebut dirinya " pemimpin saudara ", dan pemimpin revolusi. Dia menjabat sebagai perdana menteri selama 1970-1972.

Sebagai pemimpin pemuda, Khaddafi menunjukkan kepada orang-orang Arab bahwa perubahan radikal sedang terjadi di Libya. Sistem pemerintahan Libya sedang direformasi. Menurut sebuah studi Library of Congress tahun 1987 berjudul "Pemerintah dan Politik Libya", Libya dipimpin oleh dua pilar utama, yang disebut sektor.

Salah satu pilar, "Sektor Revolusioner," terdiri dari Muammar Khaddafi sebagai pemimpin Revolusi, Komite Revolusi, dan Dewan Komando Revolusi, yang terdiri dari 12 orang. Mereka adalah inti kekuasaan di Libya karena komite dan dewan tidak dipilih, tetapi diangkat, dan tidak ada istilah.

Pilar lainnya adalah "Sektor Jamahiriyah", Kongres Rakyat yang mewakili 1.500 wilayah, dan 32 Kongres Rakyat Sha'biyat. Mereka dipandang sebagai badan legislatif. Anggotanya dipilih setiap empat tahun. Sejak 1972, rezim Khaddafi telah melarang partai politik. Bahkan media massa nasional terikat untuk tidak "menyesatkan" orang-orang dengan pelaporan kritis kepada pemerintah.

Seperti Mao Zedong di Cina pada 1960-an, Khaddafi pada 1975 menerbitkan buku pegangan ideologis untuk pejabat dan warga negara Libya. Dia menyebutnya sebagai "Buku Hijau". Diterbitkan dalam bahasa Arab, Green Book menguraikan tiga pemahaman dasar, yaitu "Demokrasi oleh Kekuatan Rakyat," "Ekonomi Sosialisme" dan "Teori Internasional Ketiga." Saat itu panduan untuk sistem demokrasi Muammar Khaddafi, serta panduan kebijakan luar negeri Libya yang menyerukan kontroversi. "Buku Hijau" menolak demokrasi liberal gaya Barat, dan mempromosikan sistem demokrasi langsung berdasarkan pada pembentukan komite rakyat.

Baru-baru ini, sistem tersebut telah dikritik sebagai cara Khaddafi mengamankan kepentingannya di balik jargon pemberdayaan rakyat Libya. Sikap anti-Barat Muammar Khaddafi sangat gamblang. Dia mendukung gerakan anti-imperialisme dan Zionis. Pada tahun 70-an hingga 90-an, Libya bahkan menjadi tempat pelatihan bagi kelompok-kelompok radikal seperti Brigade Merah Jepang, "September Hitam" dari Palestina, MILF dari Filipina, dan IRA Irlandia Utara.

Impian Muammar Khaddafi tentang Arab yang bersatu memengaruhi gagasan Nasser. Dia bermaksud untuk melanjutkan Pan Arabisme yang dirintis oleh presiden pertama Mesir. Jadi, dua tahun setelah kematian Nasser pada 18 September 1970, Khaddafi turun tahta "Federasi Republik Arab," yang meliputi Libya, Mesir, dan Suriah. Tetapi gagasan itu gagal. Dia mencoba lagi pada tahun 1972, menahan Tunisia, tetapi upaya itu gagal.

Hingga Februari 2011, sebenarnya tidak ada lagi berita sensasional tentang Khaddafi. Dia sepertinya tidak mau mengacaukan dunia luar. Khaddafi bahkan diundang ke Barat, dan memberikan pidato di Majelis Umum PBB di New York pada tahun 2009. Khaddafi juga akrab dengan mantan perdana menteri Inggris Tony Blair. Dia dilaporkan tidak lagi tertarik pada nasionalisme Arab.

Setelah beberapa upaya gagal untuk membangun persatuan Arab. Sekarang, perhatiannya adalah pada solidarisme di antara negara-negara Afrika. Itulah sebabnya sejumlah pemimpin Afrika mengangkat Khaddafi sebagai Ketua Uni Afrika dari 2009-2010.

Referensi Makalah®

Kepustakaan: http://en.wikipedia.org/wiki/Muammar_al-Qaddafi http://blogfetra.blogspot.com/2011/03/history-office-muammar-Khaddafi.html http://kolom-biography.blogspot.com/2011/09/biographi-moammar-Khaddafi-dictator-libya.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar