.

Referensi Makalah; Biografi Al-Qabisi

 

Nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan Ali bin Muhammad Khalaf Al-Maarif Al-Qabisi. Terlahir di Kairawan, Tunisia (Wilayah Magribi), Afrika Utara , pada had Senin bulan Rajab tahun 324 H. Bertepatan dengan 13 Mei Tahun 936 M. Beliau wafat pada tanggal 3 Rabbiul Awal Tahun 403 H. Bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 1012.
Al-Qabasi menjalani hidupnya dari kecil hingga dewasa di kota Kairawan, sebuah kota yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kegiatan ilmiah. Riwayat pendidikannya sangat terkait erat dengan keperantauannya ke beberapa negara Timur Tengah. la pernah merantau ke beberapa negara Timur Tengah pada tahun 353 H/ 963 M. selama 5 tahun. Sewaktu di Mesir, ia berguru kepada salah seorang Ulama Iskandariyah. la memperdalam ilmu agama dan hadist dari ulama-ulama terkenal di Afrika Utara, seperti Abu Abbas al-Ibyani bin Masruf al-Dibaghi, serta Abu Abdillah bin Masrur al-Assa'ali.
Selanjutnya ketika ia berada di Kairawan Tunisia, ia berguru mengenai ilmu fiqih kepada ulama Malikiyah yang berkembang didaerah itu, sehingga ia juga menjadi orang yang ahli dalam bidang Fikih, dengan pemikiran normatifhya, sehingga menurut Abbudin Nata, acuan yang digunakan Al-Qabisi dalam merumuskan pemikirannya termasuk bidang pendidikan adalah paradigma fiqh dan hadist.
Al-Qabisi hidup dalam kondisi sosial keagamaan yang semarak dan sangat mantap dengan mempelajari, menyebarluaskan dan mengajarkannya. Dimana lebih banyak diwarnai aliran Mazhab Maliki, satu aliran yang tergolong Ahlussunnah, sehingga tuntutan masyarakat dalam bidang pendidikan cenderung pada masalah-masalah keagamaan.
Dunia pendidikan diwaktu itu banyak diwarnai oleh pemikir Islam klasik yang konsen terhadap masalah pendidikan yaitu Ibnu Sahnun, dengan karyanya bernama "Adabal al-Mualllimin" sebuah kitab kecil tentang pendidikan yang akhirnya nanti, banyak mempengaruhi pemikiran Al-Qabisi.
Al-Qabisi merupakan seorang ulama yang produktif dalam mengarang kitab-kitab. la menghasilkan 15 karya dalam bidang fiqh maupun hadist, diantaranya al-Mumahid fi al-Fiqh dan al-I'tiqadat.
Sedangkan karyanya dalam bidang pendidikan berjudul: "al-Mufassal li Ahwal al-Mutha' alaimin wa Ahkam al-Maulimmin wa al-Muta'allamin', sebuah kitab rincian tentang keadaan para pelajar, serta hukum-hukum yang mengatur para guru dan pelajar. Kitab ini terdiri dari 80 halaman dan dibagi ke dalam 3 juz.
Lihat pemikiran Al-Qabisi di sini
Kepustakaan:
Fuad al-Ahwani, AI Tarbiyah fi al Islam, Nastrat al-Risalah al Mufassalah li Ahwal al-Mu'allimin wa Ahkam al-Mu‘allimin, Mesir, Dar al, 1978. Muhammad Munir Murpi, Al Tarbiyah al Islamiyah Ushuluha wa Tathawuru fi Bilad al-Arahiayh, Dar al-Ma'arif. 1987. Abuddin Mifa, Pemikiran Para 'I'okoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filasafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2001.
Referensi Makalah; Biografi Al-Qabisi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Al-Qabasi menjalani hidupnya dari kecil hingga dewasa di kota Kairawan,Sebuah kota yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kegiatan ilmiah. Riwayat pendidikannya sangat terkait erat dengan keperantauannya ke beberapa negara Timur Tengah Nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan Ali bin Muhammad Khalaf Al-Maarif Al-Qabisi. Terlahir di Kairawan, Tunisia (Wilayah Magribi), Afrika Ut...


Advertisement
Post a Comment